Home / Headline / Menhan Nilai Penanganan Karhutla Masih Kurang Tegas

Menhan Nilai Penanganan Karhutla Masih Kurang Tegas

BP/DUDY OSKANDAR
Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu di wawancara usai acara pisah sambut Panglima Kodam II/Sriwijaya dari Mayjend TNI AM Putranto ke Mayjend TNI Irwan di Makodam II Sriwijaya, Rabu (1/8).

Palembang, BP

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih sering terjadi termasuk di Sumatera Selatan (Sumsel), Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menilai masih ada orang-orang yang membandel yang masih melakukan pembakaran hutan dan lahan.
“ Harus ditindak tegas, kalau tidak begitu-begitu tiap tahun , mereka enak-enak bakar tapi akibatnya luar biasa, nyusahin orang, enggak boleh itu , harus dihukum sesuai dengan apa yang dilakukannya,” katanya usai acara pisah sambut Panglima Kodam II/Sriwijaya dari Mayjend TNI AM Putranto ke Mayjend TNI Irwan di Makodam II Sriwijaya, Rabu (1/8). Acara dihadiri seluruh Komandan Korem di wilayah Kodam II/Sriwijaya.
Menhan minta ketegasan semua pihak menindak pelaku karhutla ini ,” Bukannya kita melanggar HAM dan lain-lain , harus tegas , kalau enggak begitu terus, “ katanya.
Menhan melihat penanganan kasus karhutla masih kurang tegas , dan terbukti karhutla masih terjadi dan berulang.
“Masak ekor tikus dibakar, kemudian tikusnya lari-lari. Itu cara yang tidak benar itu, udah sengaja itu ,” kata Menhan.
Ketika disinggung mengenai pergantian Pangdam II/Sriwijaya, Ryamizard mengatakan, pergantian adalah hal yang biasa. Untuk masalah Asian Games yang digelar 18 Agustus 2018, tidak berubah arahan kebijakannya.
“Personel polisi banyak. Selain itu, Kodam II ini membawahi lima provinsi sehingga bataliyonnya banyak,” kata Menhan.
Mengenai Asian Games di Palembang menurut Menhan sudah bulan lalu Pangdam II Sriwijaya di ganti dan itu merupakan sesuatu yang biasa untuk itu Kodam II Sriwijaya ikut membantu dalam Asian Games walaupun Pangdam II Sriwijaya diganti namun kebijakan tidak berubah.
Selain itu dia melihat pengamanan Asian Games di Palembang sudah banyak melakukan pengamanan baik polisi dan tentara.
“ Kodam II ini khan lima provinsi, dikerahkan kesini, Batalyonnya banyak,” katanya.
Sebelumnya Menhan dan istri mengikuti dan meresmikan Rajo Tentro Cafe yang berada di area Bekangdam II/ Sriwijaya yang terletak di Sultan Mahmud Badaruddin II, Sekanak, Palembang Rabu (1/8).#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pesona Adu Skill Jam Session MLD SPOT Jazz N Blues

Palembang, BP Suasana di Ranting Coffee Kamis, (23/5) malam tampak lebih ramai dari biasanya. Tampak mulai pukul 21.00 beberapa musisi ...