Home / Pendidikan / Disdik Ajak FKIP UBD Gelar PPL ke Luar Negeri

Disdik Ajak FKIP UBD Gelar PPL ke Luar Negeri

(Suasana pelepasan mahasiswa PPL FKIP Universitas Bina Darma Palembang di aula Kampus Utama)

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Sumsel mengajak program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bina Darma (UBD) Palembang tak hanya berada di lingkungan Kota Palembang.
Hal ini dinilai penting agar kedepan, mahasiswa memiliki pengalaman dan wawasan yang lebih luas sehingga benar-benar lebib siap ketika kelak menjadi guru dalam proses belajar mengajar usai menempuh studi di kampusnya.
Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Pendidik (GTK) Dinas Pendidikan Sumsel Syahrial disela-sela kegiatan pelepasan mahasiswa PPL FKIP UBD Palembang di Aula Kampus Utama, Selasa (31/7).
“Kalau bisa PPL ke luar negeri atau go internasional. Agar secara wawasan akan lebih luas,”ujar Syahrial.
Lanjut dia, bahwa di era ini mahasiswa PPL harus banyak menemui tantangan agar bisa segera menyesuaikan diri dengan zaman atau pun keadaan. Jika PPL ke luar negeri tentu mau tak mau harus melakukan proses belajar mengajar dengan sistem IT dan lain sebagainya.
“Atau agar lebih menantang, mahasiwa bisa PPL di daerah perairan yang gurunya masih kurang supaya mahasiswa tahu bagaimana hakikat seorang guru dengan kondisi sekolah dan fasilitas yang terbatas,”jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Syahrial juga mengajak kepada FKIP UBD Palembang agar kedepan bisa bersibergi dengan Disdik Sumsel dalam program PPL. Sehingga Disdik Sumsel bisa merekomendasikan sekolah yang dapat dijadikan lokasi PPL.
Senada dengan itu dikatakan oleh Ketua Panitia Pelepasan PPL FKIP UBD Palembang Yeni Ernawati, MPd mengatakan bahwa kegiatan pelepasan ini juga diikuti dengan kegiatan nota kesepemahaman bersama delapan pihak SMA dan sederajat yang ada di Palembang sebagai lokasi PPL mahasiswa.
“Total ada 59 mahasiswa yang mengikuti program PPL periode 2018. Sembilan diantaranya adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan 50 sisanya adalah Pendidikan Olahraga,”terang Yeni.
Lanjut Yeni, bahwa dalam nota kesepemahaman tersebut para mahasiswa akan melakukan PPL selama kurun waktu tiga bulan. Dalam proses PPL tersebut juga akan dilakukan pengawasan dan penilaian serta evaluasi.
“Kami berharap agar para mahasiswa yang mengikuti program PPL bisa memperoleh pengalaman mengajar di sekolah sebenarnya, setelah mereka dibekali dengan pembelajaran di kampus,”pungkasnya.
Pada kegiatan pelepasan mahasiswa PPL FKIP UBD Palembang tersebut juga turut hadir Dekan FKIP UBD Palembang, Prof Waspodo, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Hastari Mayrita, MPd dan juga para dosen FKIP UBD Palembang. #sug
Baca:  PPDB Sistem Zonasi Kurang Sosialisasi, Banyak Orangtua Kaget dan Bingung
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 22 Agustus

Palembang, BP Pimpinan Pusat Muhammadiyah akhirnya menetapkan bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah jatuh pada hari Rabu 22 ...