Home / Bisnis / Perbankan Gelar Kampanye GPN di Area Car Free Day  

Perbankan Gelar Kampanye GPN di Area Car Free Day  

Palembang, BP

Bank Indonesia bekerja sama dengan sejumlah perbankan di Palembang mengelar Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kambang Iwak, Minggu (29/7).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan mengatakan Rudy Khairudin mengatkan, kegaitan ini dilakukan untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal, serta terintegrasi maka diperlukan mekanisme sistem pembayaran nasional dalam suatu tatanan yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik.

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang menghubungkan berbagai kanal pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen Bank dalam satu sistem pembayaran.

Sebelum tergabung dengan GPN, kartu ATM/Debet hanya dapat diproses pada kanal pembayaran (EDC) bank ybs. Dengan kartu berlogo GPN, masyarakat dapat menggunakan kartu ATM/Debet diseluruh ATM dan terminal pembayaran dalam negeri dengan biaya lebih rendah.

“Kegaitan ini, sebagai upaya untuk mendukung implementasi GPN, BI dan Industri secara intensif melakukan sosialisasi berkelanjutan dalam bentuk kampanye GPN,” katanya.

Dikatakan, kegaitan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai GPN dan ekosistem GPN. Selain itu, juga meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap ekosistem GPN.

“Juga mendorong masyarakat untuk memiliki serta menerima penggunaan kartu ATM/Debet dan kanal pembayaran berlogo nasional,” tukas dia. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kini Ada Kampung Perikanan Digital

Indramayu, BP Telkomsel memperkuat keseriusannya dalam mengembangkan Internet of Things (IoT) untuk mewujudkan Digital Innovation Village di Indonesia. Pengembangan ekosistem ...