Home / Headline / Optimalkan Command Centre, Percepat Realisasi Visi Kabupaten Lestari di Muba

Optimalkan Command Centre, Percepat Realisasi Visi Kabupaten Lestari di Muba

Plt Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando memaparkan fungsi Muba Command Centre di hadapan Peserta FKL-LTKL 2018, Kamis (26/7/2018). Pemkab Muba berencana akan mengoptimalkan fungsi MCC menjadi Sustainable Development Communication and Command Centre (SDC3).

Sekayu, BP–Sukses menjadi tuan rumah Festival Kabupaten Lestari – Lingkar Temu Kabupaten Lestari (FKL-LTKL) untuk pertama kalinya yang dilaksanakan pada tanggal 23-27 Juli 2018. Banyak point penting yang didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) usai gelaran. Salah satu terlihat semangat yang tumbuh dilngkungan Pemkab Muba dalam upaya mendorong percepatan perwujudan visi Kabupaten Lestari di Muba. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Dicky Meiriando,  sabtu (28/7/2018) ketika ditemui di Muba Command Centre.

“Sebagai salah satu pendiri LTKL dan dimana saat ini Muba diamanahkan menjadi Ketua Umum LTKL, Bapak Bupati berharap Muba bisa menjadi yang terdepan dalam mendorong percepatan terealisasinya visi kabupaten lestari, yaitu mewujudkan pembangunan daerah secara berkelanjutan dengan menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, sehingga diharapkan Muba dapat menjadi prototipe Kabupaten Lestari di Indonesia”, ujar Dicky Meiriando.
Dilanjutkan oleh Dicky, untuk mendukung hal itu Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) akan menambahkan fungsi Muba Command Centre untuk berperan pula sebagai Pusat Pengendalian Pelaksanaan 5 Program Prioritas LTKL, yaitu : pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut, Komoditas Berkelanjutan, Perhutani Sosial dan Reforma Agraria, Konservasi dan Restorasi, serta Energi dan Ketenagalistrikan.
“Saat ini di Pemkab Muba sudah ada aplikasi pemantauan kebakaran hutan dan lahan yang dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sedang membangun aplikasi Satu Data Muba dan Satu Peta Muba bekerjasama dengan perangkat daerah dan instansi terkait. Kami sangat berharap kiranya pihak-pihak berkepentingan dan Para Jejaring Mitra LTKL dapat memberikan dukungan berupa pembuatan aplikasi lainnya agar dapat diintegrasikan dengan sistem yang telah ada di Muba Command Centre”, jelasnya.
Plt Kepala Dinkominfo menambahkan untuk memenuhi Indikator kunci dalam mewujudkan Kabupaten Lestari, yaitu : meningkatnya pendapatan daerah dan efisiensi anggaran, menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran, serta bebas dari deforestasi dan degradasi hutan dan gambut. Diperlukan adanya dukungan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang memadai dalam hal pemantauan dan pemberian informasi secara realtime. Tantangannya adalah karena Muba memiliki wilayah yang sangat luas Untuk itu keberadaan Fasilitas Command Centre yang sudah ada di Muba  harus dapat dimanfaatkan secara optimal.
Selain itu, Pemkab Muba akan menjadikan Muba Command Centre akan berperan pula sebagai Sustainable Development Communication Centre yang diharapkan nantinya dapat terintegrasi dengan Kantor Pusat LTKL di Jakarta serta dengan Kabupaten Anggota LTKL lainnya. “Intinya kita ingin perwujudan Kabupaten Lestari ini sinergi juga dengan Program Muba Smart Regency yang merupakan program prioritas Bupati Muba. Dimana Muba saat ini masuk dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia. Karena dengan terwujudnya Kabupaten Lestari secara pararel juga memenuhi indikator smart city, antara lain : smart economy, smart living, smart environment, smart society dan smart government”, pungkasnya. #rel
Baca:  Menko PMK Resmikan Pembangunan SMK Vokasi Muba, Dodi Reza Alex: Lulusannya Bisa Langsung Kerja
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kebijakan BPJS Sangat Memberatkan Pasien

Palembang, BP BPJS Kesehatan kembali mengeluarkan kebijakan baru, kebijakan ini diterapkan salah satunya untuk efisiensi anggaran, namun justru kebijakan tersebut ...