Home / Pemerintahan / Setjen DPR Siap Memfasilitasi Kegiatan IPPP

Setjen DPR Siap Memfasilitasi Kegiatan IPPP

Damayanti

Jakarta, BP–Deputi Persidangan Setjen DPR Damayanti menyatakan siap memfasilitasi  kegiatan Indonesia Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) on Human Development and Maritime Sustainability yang berlangsung di Grand Hyatt Jakarta, 23-24 Juli 2018.

“Kita siap untuk menyelenggarakan IPPP.  Kita urus mekanisme dan fasilitas yang ada. Hari Minggu kami mulai ada bilateral meeting. Senen ada konferensi dan  Selasa  penanaman pohon di DPR,” ujar  Damayanti di ruangan wartawan DPR, Jakarta,  Jumat, (20/7).

Menurut Damayanti, kegiatan ini merupakan inisiatif DPR sebagai upaya mendukung diplomasi pemerintah  mencari terobosan baru untuk mengembangkan kerja sama kemitraan di berbagai bidang, khusunya ekonomi, dengan negara-negara di Kawasan Pasifik. Karenanya, DPR selaku tuan rumah telah menyediakan fasilitas yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan tersebut.

Baca:  Ketua DPR Sambut Baik Rencana Presiden Aktifkan Koopssusgab

Dirjen Asia Pasifik Kemlu, Desra Percaya menuturkan,   Kemlu siap membantu pelaksanaan pertemuan penting ini. Sehingga diharapkan  dapat meningkatkan kerjasama antara negara Pasifik.

“ Kemlu membantu pelaksanaan pertemuan penting ini. Termasuk substansi, yang perlu ditekankan ini pertemuan parlemen pertama Indonesia dengan negara Pasifik. Ini inisiatif indonesia, ini adalah sinergi yang baik antara legislatif dan eksekutif,” kata  Desra.

Baca:  Jabatan Presiden Tidak Boleh Kosong Sedetik Pun

Desra menambahkan,  tantangan negara Asia Pasifik memiliki kesamaan yakni perubahan iklim karena rentan terhadap global warming. Karena kesamaan tantangan itulah maka perlu ada sinegritas dalam penyelesaian secara bersama, karena itu sidang IPPP ini menjadi sangat penting.

“Pertemuan IPPP ini menjadi penting untuk merespon apa yang jadi keprihatinan dan ancaman negara pasifik.  Kita bisa bangun pilar kemitraan ke depan, seperti blue economy yakni manusia bisa manfaatkan laut untuk kesejahteraan manusia,” jelasnya.

Baca:  Golkar Konsen ke Pilkada

Selain substansi pertemuan, lanjut dia,  hal teknis penyelengaraan yang dikoordinir  Setjen DPR juga berkomitmen turut membantu peningkatan capacity building di Sekretariat Parlemen negara-negara Pasifik, antara lain melalui pelatihan, workshop dan vocational training. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan people-to-people contact sehingga masyarakat Pasifik bersikap lebih bersahabat terhadap Indonesia. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tarif Parkir Inap Bandara SMB II Dikeluhkan

Palembang, BP Tarif inap parkir di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dikeluhkan sejumlah pengendara. Jika satu hari atau 24 ...