Home / Bisnis / Proses Penjaminan Vendor Semen Baturaja Sudah Online

Proses Penjaminan Vendor Semen Baturaja Sudah Online Jamkrindo fasilitasi penjaminan lebih dari 100 vendor PT Semen Baturaja di Sumsel

Pelatihan suretyship online untuk vendor PT Semen Baturaja, di aula kantor Semen Baturaja, Rabu (18/7).


Palembang, BP

Mengoptimalkan bisnis, PT Semen Baturaja kini dapat mengakses penjaminan suretyship online. Upaya ini bentuk dari sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Perum Jamkrindo di Palembang, Rabu (18/7).

Direktur Umum dan SDM PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Amrullah mengatakan, kerja sama usaha untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis untuk meningkatkan efisiensi terhadap penjaminan kegiatan bisnis. Dengan adanya suretyship online ini lebih dari 100 vendor PT Semen Baturaja Tbk tidak perlu lagi datang ke kantor Perum Jamkrindo terdekat untuk mengajukan permohonan penjaminan.

“Jadi ini memangkas waktu para pendor, cukup datang ke SMBR untuk mengisi form digital secara mandiri. Dengan adanya terobosan tersebut, maka proses pengajuan penjaminan menjadi lebih mudah dan efisien, sehingga dalam kepengurusan dokumen tender para kontraktor akan terbantu,” katanya

Dikatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis untuk meningkatkan sinergi serta kelancaraan kegiatan bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan.

“Bagi kami supplier lebih mudah mengurus penjaminan karena online,  selama ini mereka mondar-mandir butuh waktu, sekarang bisa lebih mudah dan efisien sehingga proses pengadaan barang dan jasa lebih cepat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Jamkrindo Palembang Wahyu mengatakan Perum Jamkrindo dapat membidik potensi volume penjaminan dari nilai belanja modal dan belanja operasional SMBR.

Sedangkan  dari pihak Semen Baturaja memperoleh manajemen kontrol dan data base yang lebih baik. “Karena ada rekam jejak digitalnya, tentu databasenya menjadi lebih baik. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dapat lebih mudah memonitor proyek mana yang belum terjamin, sehingga meningkatkan optimalisasi penyerapan belanja modal,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Cabang Perum Jamkrindo Palembang, Heryanto Nugroho menambahkan, Perusahaan Umum (Perum) Jamkrindo Cabang Palembang mencatatkan realisasi kinerja cukup signifikan di paruh pertama tahun ini di mana telah menembus 76% dari target hingga akhir 2018.

Dari target nilai penjaminan untuk di Sumsel tahun ini sebesar Rp4,1 triliun pada semester I/2018 sudah mencapai Rp3 triliun. Menurutnya, hal ini turut dipengaruhi oleh produk baru yang dijalankan oleh Jamkrindo, yakni lewat Sinergi BUMN.

Dimana yang saat ini tengah berjalan adalah penjaminan Distributor dan Supplier Semen dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Apalagi, kata dia, pihaknya juga gencar menawarkan produk surety bond online ke sejumlah BUMN di Sumsel.

Heri mengatakan produk surety ship perusahaan, yakni bank garansi dan surety bond telah berkontribusi besar terhadap pencapaian nilai penjaminan, yakni sekitar 25%.

“Secara keseluruhan nilai penjaminan dari surety ship sekitar Rp1 triliun dari realisasi kami. Makanya kami optimistis juga untuk memperkuat produk surety ship terutama bagi BUMN,” ujarnya.

Direktur CV Rouli Jaya vendor SMBR, Hotma Jaya, mengatakan pihaknya tertarik mengikuti penjaminan yang ditawarkan Jamkrindo Palembang.

“Prosesnya sederhana cuma tiga tahap  sehingga memudahkan kami selaku supplier, dibanding proses bank masih sistem masih manual, ini bisa one day service,” ujarnya. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Asian Games

Palembang, BP–Telkomsel sebagai official mobile partner Asian Games 2018, telah mempersiapkan infrastuktur untuk menjamin kelayakan jaringan demi mendukung pagelaran kejuaraan ...