Home / Palembang / Samakan Harga Satuan Belanja Setiap OPD

Samakan Harga Satuan Belanja Setiap OPD

Inspektur Kota Palembang Gusmah Yuzar.

Palembang, BP — Menghindari adanya penyalahgunaan anggaran, Pemerintah Kota Palembang segera menerapkan e-Budgeting sehingga harga belanja anggaran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sama. Hal tersebut sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Inspektur Kota Palembang Gusmah Yuzar mengatakan, pekan depan penyusunan draft satuan harga belanja operasional OPD sudah selesai. Mulai sekarang disusun sehingga diharapkan 2019 sudah e-Budgeting sudah terlaksana.

Baca:  400 CCTV Dipasang di Kota Palembang

“Satuan harga belanja anggaran setiap OPD itu nantinya sama mulai harga terendah dan tertinggi. Misalnya, Bappeda harga belanja pena Rp12.000, maka di BPKAD pun sama. Tidak seperti sekarang, nilai satuan harganya setiap OPD berbeda meskipun tidak beda banyak,” katanya usai rapat Pembahasan Standar Biaya Perjalanan Dinas, Belanja Umum, Khusus, Standar Satuan Harga dan Analisis Standar Biaya, Rabu (18/7).

Baca:  2017, WCC Palembang Dampingi 187 Kasus

Gusman mengatakan, hal tersebut merupakan bagian dari rencana aksi yang diminta KPK tentang penerapan e-Planing dan e-Budgeting dalam penganggaran di pemerintah daerah. Diharapkan KPK ada penyamaan dan batasan harga.

“Nanti jika draft satuan harga yang sudah didata akan saya cek lagi sebelum dikeluarkan Perwalinya, harga itulah diimput di e-Budgeting. Misanyalnya pena, kertas A4 dan lainnya,” jelasnya.

Baca:  Tidak Permasalahkan Penunjukan Plt Ketua DPC Partai Hanura Kota Palembang

Gusman juga menegaskan, dalam pembahasan anggaran perjalanan dinas tidak ada aturan setiap pejabat yang melakukan perjalanan dinas harus menggunakan maskapai tertentu. Hanya saja bagaimana jika menggunakan transportasi yang efisien, efektif dan akuntabel.

“Ya kita dalam rangka efisiensi saja. Tidak ada aturan harus menggunakan pesawat apa, tapi sebaiknya yang efisien, selisih harga itu bisa digunakan untuk hal yang penting lainnya,” katanya. #pit.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pedagang Batu Akik Minta ke Jalan Produksim

Palembang, BP — Lantaran halaman eks Bioskop Cineplek digunakan sebagai kantong parkir Sudirman, pedagang Batu Akik yang biasa berjualan di kawasan ...