Home / Palembang / Jam Analog Percantik Ampera

Jam Analog Percantik Ampera

Jam Analog di pasang di Jembatan Ampera. IST

Palembang, BP — Menuju Asian Games, Jembatan Ampera semakin cantik. Selain membuat pedesterian, icon Palembang ini juga ditambah dengan Jam Analog yang mulai dipasang, Minggu (15/7).

PPK Jembatan Satuan Kerja Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), Suwarno mengatakan, pemkot Palembang mempercantik jembatan peninggalan Jepang ini dengan jam analog berukuran diameter 5,5 meter.

Jam analog baru dipasang dan terlihat memukau, besar dan menarik perhatian pengguna jalan. Jam analog ini sudah datang dari 10 hari lalu namun baru sempat dipasang. “Butuh waktu untuk perakitan, sekitar seminggu dan baru terpasang hari Minggu ini.” katanya.

Baca:  Jembatan Musi IV dan VI Harus Segera Dibangun

Ia mengatakan, mesinnya dibuat di Jepang sedangkan untuk perakitan dirakit di Palembang. Menurutnya, jam analog lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan jam digital. Hal inilah yang membuat pihaknya memilih analog dari pada digital. “Umur jam analog lebih lama sampai dengan 30 tahun garansi mesin jam dan 3 tahun garansi baterai jamnya,” jelasnya.

Baca:  Jembatan Ampera Tertabrak Tongkang

Selain itu kelebihan lain dari jam analog menurut dia adalah ditinjau dari keselamatan lalu lintas dan norma yang ada di dunia. Bahwa analog tidak memerlukan konsentrasi di dalam membaca jam tersebut. “Desain jam juga simple, untuk memudahkan pengendara dalam membaca jam tersebut, sehingga tidak mengganggu konsentrasi para pengendara,” ujarnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan standarisasi tinggi jembatan, pihaknya juga menambah ketinggian. Standarisasi ketimggian jembatan ini sudah diatur sejak tahun 90an, sehingga pada tahap mempercantik ini pihaknya meninggikan pagar tersebut. “Pagar di sisi jembatan yang sebelumnya memiliki tinggi 80 cm ini akan dinaikkan menjadi 120 cm, untuk menambah keamanan,” jelasnya.

Baca:  Syarat Bangun Boulevard di Ujung Jembatan Ampera

Tak hanya itu, lantai yang sebelumnya conblok pun akan diganti dengan bahan granit. Tak hanya di atas jembatan Ampera saja, pedestrian ini juga nantinya akan dibuat mengelilingi Masjid Agung. “Jadi saat lebaran itu, pedestrian sudah selesai yang kanan. Lalu setelah lebaran baru dilanjutkan lagi yang sebelah kirinya, itu ditargetkan selesai sebelum Asian Games,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KONI PALI Gelar Sosialisai Terhadap Anggota KONI dan Cabor

Palembang, BP Sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan prstasi olarga di Bumi Serpat Serasan, Komite Olaraga Nasonal Indonesia (KONI), Kabupaten Penukal ...