Home / Headline / KPU Sumsel Tunggu Hasil Putusan MK

KPU Sumsel Tunggu Hasil Putusan MK

BP/IST
Ketua KPU Sumsel Aspahani

Palembang, BP
KPU Sumsel sampai saat ini belum menggelar rapat pleno penetapan hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel. Pasalnya, KPU Sumsel masih menunggu hasil putusan terkait sengketa Pilgub Sumsel di Mahkamah Konstitusi (MK).
Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, sesuai aturan jika setelah pleno ada pengaduan sengketa di MK, maka pihaknya akan menunggu hingga proses di MK selesai.
“Setelah proses di MK selesai, dan sudah ada putusannya maka pleno penetapan hasil Pilgub langsung digelar, ” ujarnya ketika dihubungi via telpon, Jumat (13/7).
Menurutnya, tidak ada penundaan pleno penetapan hasil Pilgub Sumsel. Hanya saja, pihaknya mengikuti sesui tahapan. “Regulasi memang seperti itu. Jadi kita ikuti tahapan prodesurnya,” ucap Aspahani.
Lebih lanjut Aspahani mengungkapkan, pihaknya tentu akan dipanggil dalam proses sidang di MK. “Proses sidangnya mungkin berlangsung 14 hari. Setelah ada putusannya akan diumumkan pleno penetepan hasil. Kita ikuti sesuai tahapan,” katanya.
Sedangkan menurutnya untuj pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih kemungkinan akan dilangsungkan tanggal 17 Desember 2018.
Aspahani menjelaskan, sesuai Permendagri No.270/270/Otda/29 Januari 2018 pelantikan gubernur yang ikut pada kontestasi Pilkada serentak 27 Juni lalu dibagi menjadi 4 tahapan. Tahap pertama 17 September, tahap kedua 17 Desember, tahap ketiga di 11 Maret 2019 dan tahap keempat di tanggal 3 Juni 2019.
“Kalau normalnya pelantikan itu bisa dilakukan tanggal 17 Desember menyesuaikan akhir masa jabatan. Jadwal tersebut bisa saja berubah jika kepala daerah mundur. Sebab jika ada kepala daerah mau maju Caleg, maka harus mundur terhitung 21 September. Maka bisa jadi dipercepat ikut pelantikan tahap sebelumnya,” tuturnya.
Diketahui, berdasarkan rekapitulasi KPU Sumsel Paslon nomor urut satu Herman Deru-Mawardi Yahya meraih 1.394.438 suara, Paslon nomor urut dua Aswari-Irwansyah 442.820 suara, Paslon nomor urut tiga Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin 839.743, dan Paslon nomor urut empat Dodi-Giri 1.200.625 suara.
Jika tidak ada perubahan dan mengacu dengan pelantikan gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2017 lalu, pelantikan bakal dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sudirman Tegoeh Sudah Masuki Masa Pensiun

Palembang, BP Jelang masa pensiun Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh mencalonkan diri menjadi calon legislatif DPRD Provinsi Sumatera ...