Home / Headline / Sosialisasi Berhasil, Partisipasi Pilgub Sumsel Meningkat

Sosialisasi Berhasil, Partisipasi Pilgub Sumsel Meningkat

BP/IST
Ahmad Naafi

Palembang, BP
Angka partispasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur Sumsel 2018, meningkat dibandingkan Pilkada sebelumnya.
Komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi menyebutkan, angka partisipasi meningkat menjadi 70,9 persen atau 4.010.698 pemilih. Sementara, dibandingkan dengan Pilkada gubernur 2013 lalu hanya 66,9 persen atau 3.901.334
“Ini prestasi yang luar biasa, angka partisipasi ini sudah cukup baik untuk pilkada gubernur dengan sebaran penduduk yang sangat luas,” ujarnya, Kamis (12/7).
Terlebih wilayah Sumsel terdiri dari daerah perairan dan perbukitan yang masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai petani dan nelayan. Apalagi jadwal Pilkada kali ini bertepatan dengan musim melaut bagi nelayan dan masa bertanam untuk petani.
“Meski demikian antusias masyarakat sangat tinggi untuk menyalurkan hak pilih. Para petani kopi turun gunung dan nelayan puasa melaut guna berpartisipasi memilihkan pemimpin terbaik untuk Sumatera Selatan,” katanya.
Seperti di Kota Pagar Alam yang mencatat angka partisipasi hingga 80 persen, kemudian kota lubuk linggau, OKU Timur dan sejumlah kabupaten/kota lain yang partisipasi pemilihnya melebih target nasional, 77 persen. “Momen Pilkada serentak ikut memicu tingginya partsipasi pemilih, selain gencarnya sosialisasi yang kami lakukan,” katanya.
Sosialisasi pemilih dilakukan diberbagai lini mulai dari media soasial, koran, tv radio, hingga ke sekolah dan kampus yang menyasar pemilih pemula. Bahkan tidak jarang tim sosialisasi KPU Sumsel menyambangi masyatakat hingga ke pelosok desa, memberikan pendidikan pemilih.
“Alhamdilillah, sosialisasi yang dilakukan membuahkan hasil, pemahaman pemilih tersebut merupakan investasi untuk Pemilu kedepan. Dengan harapan, mereka yang telah berpartisipasi dan faham akan pentingnya menyalurkan hak pilih, dapat mentransformasi kepada yang lain,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Nilai Hutang Pemprov Sumsel Turun Hingga Sebesar Rp.464, 317 Miliar

Palembang, BP Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Ishak Mekki memberikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel atas penjelasan ...