Home / Headline / Balai Arkeologi Sumsel Kirim Peneliti ke Pulau Enggano

Balai Arkeologi Sumsel Kirim Peneliti ke Pulau Enggano

BP/IST
Budi Wiyata

Palembang, BP

Untuk kedua kalinya Balai Arkeologi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali ke Pulau Enggano untuk melakukan penelitian arkeologi yang di pulau yang berada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.
“Tim Balai Arkeologi Sumsel melakukan penelitian sejak 9 – 29 Juli 2018. Hari ini tim berangkat dari Bengkulu menyebrang ke pulau Enggano menggunakan kapal laut,” kata Kepala Balai Arkeologi Sumsel Budi Wiyata, Selasa (10/7).
Menurut Budi Wiyata,  tim Balai Arkeologi berjumlah sembilan orang yang terdiri dari arkeolog, geolog dan antropolog. “Tim akan melakukan penelitian potensi arkeologi yang ada di Enggano, diantaranya di sana ada gua hunian dan singkapan yang akan menjadi obyek penelitian,” ujarnya.
Sebelumnya, tim Balai Arkeologi Sumsel melakukan penelitian tahun ini, “Pada 1996 kami sudah melakukan penelitian awal di Pulau Enggano, penelitian saat ini diharapkan bisa memperkaya data arkeologi yang sudah ada.
Penelitian yang dikoordinasikan Balai Arekologi Sumsel menurut Budi Wiyata, selain seluruh anggota tim, juga akan melibat warga setempat sebagai salah satu sumber informasi yang juga akan membantu memandu tim peneliti untuk mencari jejak-jejak hunian dan peradaban masa lalu di wilayah pantai barat Sumatera.
Pulau Enggano adalah pulau terletak di Samudera Hindia berada pada 05°31’13 Lintang Selatan dan 102°16’00 Bujur Timur. Pulau yang memiliki luas 400,6 km² masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Bengkulu Utara memiliki enam desa yaitu Desa Meok, Desa Apoho, Desa Malakoni, Desa Kaana dan satu desa transmigrasi Banjarsari.
Dari Kota Bengkulu jarak Pulau Enggano sejauh 156 km atau 90 mil laut. Jarak dengan Manna Ibu Kota Kabupaten Bengkulu Selatan berjarak sekitar 96 km atau 60 mil laut.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemkab Muba Fasilitasi Penyelesaian Masalah Pertanahan Transmigrasi

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Transmigrasi, lokasi Air Tenggulang SP.5 Desa Tenggulang Baru Kecamatan ...