Home / Pendidikan / Borong Prestasi, Penerima PKG ke China Pulang ke Sumsel

Borong Prestasi, Penerima PKG ke China Pulang ke Sumsel ---Bakal Audiensi ke Gubernur Sumsel---

(Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd saat menerima audiensi 30 penerima PKG ke China usai menempuh studinya)

Palembang, BP

Program Kuliah Gratis (PKG) Pemerintah Provinsi Sumatera hingga ke Universitas bergengsi ke Luar Negeri terus menuai prestasi. Benar saja, sebanyak 30 alumni PKG yang menempuh studi di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology, China sejak 2015 telah menyelesaikan studinya.

Dari 30 alumni tersebut, banyak yang telah diterima di perusahaan China di Indonesia dengan gaji pemula hingga Rp8 juta, ada yang ditawari lanjut Strata Satu (S-1) dari Diploma Tiga (D-3) ke MIT, sebuah universitas di Amerika yang terbaik di Dunia.

Demikian terungkap saat Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd menerima 30 penerima PKG yang baru saja menyelesaikan studinya di Nanjing China. Dalam kesempatan tersebut, mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui PKG yang dapat mengantarkan mereka menjadi lulusan terbaik di kampus negera maju seperti China.

Baca:  Tahun Pertama, Kuliah Gratis Tampung 2.000 Mahasiswa

“Kita lihat prestasi merek luar biasa. Bahkan sampai ditawari kuliah di MIT, sebuah kampus terbaik di dunia yang ada di Amerika dan lainnya. Rencananya kita akan menjadwalkan mereka bertemy dengan Bapak Gubernur atas hasil dan ucapan terima kasih,”ujar Widodo disela-sela menerima audiensi, Rabu (4/7).

Lanjut Widodo capaian prestasi dari penerima PKG tersebut membuktikan semangat dan kualitas pendidikan anak-anak Sumsel sangat diperhitungan di luar Indonesia.

“PKG akan terus bergulir demi mencetak generasi Sumsel yang mampu bersaing dan sejajar dengan negara-negara lain,” bebernya.

Baca:  Waw, Dana Program Sekolah Gratis Triwulan II 2018 Cair Sebesar Rp78,8 M

Sementara itu dikatakan Jemmy Surya salah satu penerima PKG bahwa beberapa temannya sudah bekerja di Perusahaan China di Indonesia. Mulai di Sulawesi daj bahkan akan lanjut studi. “Kami ditawari gaji bagi pemula Rp8 juta dan ada yang ditawari lanjut ke MIT,”terang alumni SMK1 Gelombang ini.

Hasil ini lanjut Jemmy diharapkan menjadi motivasi juga bagi para pelajar baik SMA/SMK yang bakal lulus untuk bisa bersiap-siap lanjut menerima tantangan seleksi di PKG selanjutnya dari Pemprov Sumsel. Menurutnya dimana ada kemauan dan kesungguhan maka akan berhasil.

Senada dengan itu dikatakan Ketua Koordinator Penerima PKG Sumsel Angkatan Kedua, Metri Anjasuma menyampaikan sejak 2015 lalu mengenyam pendidikan tinggi di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology, 30 mahasiswa berprestasi ini memborong puluhan prestasi selama kuliah di negeri orang.

Baca:  Sekolah dan Kuliah Gratis Tak Mati Suri

“Alhamdulillah, saat ini kami sudah selesai menjalankan pendidikan tinggi dari program kuliah gratis Pemprov Sumsel melalui Dinas Pendidikan dan Insya Allah sangat bermanfaat bagi kami semua,” terangnya.

Diceritakan, selama berkuliah di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology beberapa penerima PKG ini meraih banyak prestasi termasuk menjadi lulusan terbaik.

“Support penuh dari Pemprov Sumsel selama berkuliah sangat memotivasi kami untuk terus mengejar prestasi dan mengharumkan nama Sumsel,” imbuhnya.

Lanjutnya, saat ini dari 30 penerima PKG Sumsel angkatan kedua tersebut, 14 diantaranya sudah mendapatkan pekerjaan yang langsung ditawarkan dari perusahaan Cina yang berada di Indonesia. “Sisanya ada juga yang mendapatkan beasiswa untuk lanjut kuliah di Cina,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DR Sunda Ariana Resmi Jadi Rektor Universitas Bina Darma

Palembang, BP — Setelah rektor sebelumnya Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc wafat belum lama ini, Dr. Sunda Ariana M.Pd. ...