Home / Bisnis / 48 Tahun Jamkrindo Selalu Hadir untuk Negeri

48 Tahun Jamkrindo Selalu Hadir untuk Negeri

Palembang, BP

Perum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 pada 1 Juli 2018. Didirikan sejak tahun 1970, Perum Jamkrindo dipercaya menjadi lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) di Indonesia melalui usaha penjaminan.

Sebagai satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) di bidang penjaminan, Perum Jamkrindo mendukung perkembangan perekonomian nasional dengan melakukan penjaminan kredit UMKMK. Perum Jamkrindo memiliki fungsi utama untuk menjembatani UMKMK yang mempunyai usaha layak, tetapi belum memenuhi persyaratan teknis perbankan, khususnya pemenuhan agunan sehingga UMKMK tersebut dapat memperoleh akses keuangan.

Kini, di usianya yang semakin matang, Perum Jamkrindo juga bertekad untuk terus memperkuat peran strategisnya bagi perekonomian nasional. Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, Perum Jamkrindo ingin berkontribusi lebih sebagai tonggak pemberdaya UMKMK yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. ”Kami tidak ingin terkungkung hanya sebagai penjamin saja. Kami ingin menjadi ujung tombak pemberdaya UMKM,” ujar Randi dalam peringatan HUT ke-48 Jamkrindo, Senin (2/7).

Untuk mencapai itu, Perum Jamkrindo melakukan pemeringkatan terhadap UMKM yang diharapkan dapat membantu mengurangi asymmetric information antara UMKM dan para lender (bank dan nonbank), untuk selanjutnya dapat mengurangi biaya perolehan debitur (biaya akuisisi). Tercatat sampai dengan tahun 2017, Perum Jamkrindo sudah melakukan scoring terhadap 4.288 UMKM.

Sementara itu, Perum Jamkrindo Kantor Cabang Palembang mengincar penjaminan produk kredit di sejumlah perusahaan pelat merah yang beroperasi di Sumatra Selatan seiring tingginya potensi di segmen tersebut.

Kepala Cabang Perum Jamkrindo Palembang, Heriyanto Nugroho, mengatakan pihaknya sebagai tahap awal pihaknya telah berhasil menggarap penjaminan distribusi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

“Masih banyak potensi penjaminan yang belum tergarap di Sumsel, salah satunya perusahaan BUMN di sini. Ini juga menjadi langkah sinergi BUMN, ” katanya di sela-sela perayaan HUT Jamkrindo ke-48 tahun di Palembang, Senin (2/7/2018).

Heri mengatakan penjaminan  yang dilakukan perusahaan terhadap distribusi emiten berkode SMBR itu mencapai Rp140 miliar. Selain itu pihaknya juga memberikan penjaminan terhadap proyek-proyek internal perseroan tersebut.

Upaya Jamkrindo Palembang meningkatkan layanan telah berdampak pada  pencapaian  penjaminan senilai Rp2,8 triliun per semester 1/2018 atau 67% dari target yang dipatok hingga akhir tahun senilai Rp4,2 triliun. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Parkir di Bandara SMB II, Lebih Paraktis Pakai e-Money

Palembang, BP Bank Mandiri bekerja sama PT Angkasa Pura 2 meningkatkan kemudahan bagi pengguna Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) ll ...