Home / Headline / Pilkada Lancar, DPD Apresiasi Kerja Keras KPU

Pilkada Lancar, DPD Apresiasi Kerja Keras KPU

BP/IST
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

Jakarta, BP–Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengapresiasi kerja keras KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),  jajaran Pemerintah Daerah, aparat keamanan  dan masyarakat yang  mensukseskan Pilkada Serentak 2018. Tiga provinsi yang diindikasi menjadi daerah rawan konflik,  Papua, Maluku dan Kalimantan Barat ternyata berjalan dengan aman.”Alhamdulillah Indonesia aman, saya bangga kepada masyarakat yang telah bahu membahu untuk mengangkat nilai kebangsaan, persatuan dan nilai demokrasi,” ujar Oesman Sapta  di Gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (29/6).

Baca:  DPD Asal Sumsel Diisi Empat Wanita Berwajah Baru

Menurut Oesman Sapta,  seluruh anggota DPD RI ikut mengawasi pelaksanaan pilkada di 17 Provinsi, 39 Kota dan 113 Kabupaten. Meski  ada kekurangan alam pelakanaan Pilkada, namun jangan sampai menimbulkan keributan.

“Pihak yang kalah dan menang harus menerima hasil pemilihan dengan baik. Kalau  bermasalah, masih ada ruang dan bisa diproses hukum.Saya apresiasi yang terjadi di Jawa Barat , calon yang kalah  datang ke yang menang,” kata   Oesman.

Baca:  DPD RI Alat Representasi Kepentingan Rakyat Daerah

 Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowam menilai permasalahan Pilkada serentak tahun 2018 harus segera diperbaiki. Permasalahan mendasar dalam sebuah pilkada adalah mengenai data pemilih,  terkait data pemilih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU menjadi masalah yang belum terselesaikan sejak awal pilkada serentak.

“Misalnya dalam hal konektivitas antara penduduk dan pemilih. Penduduk menjadi kewenangan Kemendagri, pemilih menjadi kewenangan KPU. Hari ni masih ada problem dengan e-KTP, masih ada problem dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada yang punya KTP tetapi tidak ada dalam DPT. Ada dalam DPT, tetapi tidak punya e-KTP,” tegas Muqoam. #duk

Baca:  Soal Dana Aspirasi, DPD RI Juga Harus Mewakili
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

431 Jamaah Haji Kloter 5 Tiba di Baturaja

Baturaja, BP — Sebanyak 431 dari 432 jamaah haji asal Kabupaten OKU yang tergabung dalam Kloter 5 hari ini tiba ...