Home / Pendidikan / Puluhan Peserta Bidik Lolos Beasiswa Doktor Kemenag RI

Puluhan Peserta Bidik Lolos Beasiswa Doktor Kemenag RI ---Program Beasiswa 5.000 Doktor---

(Suasana pembukaan seleksi beasiswa program 5.000 Doktor di Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Fatah Palembang)

 

Palembang, BP

Kementerian Agama RI akhirnya menggelar seleksi Program 5.000 Doktor serentak  di Indonesia pada 17 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan swasta.

Tak terkecuali, Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Fatah Palembang sebagai salah satu PTKIN di Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara Program 5.000 Doktor 2018.

Benar saja, setidaknya 31 para Magister dan Master, bersaing ketat pada seleksi Program 5.000 Dokter 2018 di Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Fatah dengan konsentrasi Studi Islam Melayu yang digelar selama dua hari pada 28-29 Juni 2018

Baca:  Syarifudin : Kita Tidak Mau ada Pejabat "Karbitan"

Direktur PPs UIN Raden Fatah Palembang Prof DR H Duski Ibrahim, MAg, mengatakan bahwa PPs UIN Raden Fatah Palembang kembali dipercaya Kemenag RI untuk kali keempat sejak tahun 2014.

“Dan kali ini diikuti 31 orang. Ada dari Palembang, Lampung bahkan ada juga dari Surabaya,” ujar Duski Ibrahim disela-sela pemantauan seleksi, Kamis (28/6).

Didampingi Kaprodi Studi Islam Dr H Ahmad Zainuri, MPdI, Duski menambahkan bahwa khusus yang memilih program beasiswa tujuan PPs UIN Raden Fatah Palembang ia menyebut berbeda dengan Universitas lain di Indonesia.

Pasalnya, dalam proses perkuliahan akan ditambah mata kuliah metodologi, bahasa arab dan bahasa Inggris.

Baca:  UTP Cairkan Dana Bantuan Pendidikan Doktor

“Karena mata kuliah itu sangat penting. Dan para doktor harus memiliki kapabilitas itu di era saat ini. Sehingga diharapkan para lulusan akan lebih maksimal secara knowledge,” harapnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Subdit Ketenagaan Diktis Kemenang RI Dr Syafii, M Ag, mengatakan UIN Raden Fatah Palembang merupakan satu di antara 17 yang ditunjuk menjadi penyelenggara Program 5000 Doktor 2018 selain UIN Aceh, Sumut, Riau, Padang, Lampung dan sejumlah pulau Jawa seperto Jogjakarta, Surabaya, Jember dan lainnya.

Program ini terus digalakkan lantaran Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang memiliki penduduk muslim terbesar memiliki salah satu tujuan yakni menjadikan Indonesia sebagai Pusat Peradaban Islam Dunia. Melalui berbagai disiplin ilmu yang digali oleh para doktor sehingga menambah khasanah Islam di Indonesia.

Baca:  Hibrid Membran Antarkan Ian Kurniawan Raih Gelar Doktor

“Kita punya 28.000 dosen agama di Indonesia dan sekitar 50 persen yang baru doktor. Sementara target jangka panjang kita adalah Indonesia menjadi pusat studi Islam dunia dan pusat Peradaban Islam dunia,”terangnya.

Melalui hal itu lanjut Syafei, hal yang paling mendesak adalah SDM sehingga lahirlah Program 5000 Doktor yang dipelopori Kemenag RI bagi PTKIN dan swasta. Sehingga para peserta benar-benar menjalani serangkaian tes yang nantinya akan mulai perkuliahan pada awal September 2018.

“Tes hari ini adalah tertulis yakni potensi akademik, bahasa arab dan bahasa Inggris sedangkan besok tes wawancara,” pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

IKADS Ajak Anak-Anak Down Syndrome Mengenyam Pendidikan

Palembang, BP Sebagian orangtua menganggap, memiliki anak yang menderita down syndrome merupakan hal yang memalukan. Bahkan, dianggap sebagai kutukan. Sehingga, ...