Home / Headline / KPU Sumsel Tunggu Rekap Selesai

KPU Sumsel Tunggu Rekap Selesai

BP/IST
Ketua KPU Sumsel Aspahani

Palembang , BP
Ketua KPU Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan untuk hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan (Sumsel( harus menunggu sampai dengan proses rekapitulasi selesai.
“Bagi kami kemenangan atau belum menang bagian dari demokrasi, tapi kalau menyikapi hitung cepat (quick count) itu adalah hak mereka, tapi bagi kami KPU bahwa hasil resmi tetap sabar menunggu sampai proses rekap selesai, itulah hasil yang resmi dari KPU,” katanya ketika ditemui di KPU Sumsel, Kamis (28/6).
Apalagi menurutnya, pemilihan secara langsung pilkada Sumsel sudah dilakukan dan pada hari ini sampai 9 Juli 2018 nanti akan dilakukan proses rekapitulasi hasil.
Walaupun KPU memiliki aplikasi sistem informasi perhitungan suara (Situng), tapi sekali lagi tidak bisa digunakan sebagai ukuran untuk menentukan pemenangnya.
“Ini semacam alat kendali bagi KPU untuk menentukan proses di tempat pemungutan suara (TPS) itu sudah sepenuhnya direkam dan semuanya akan digunakan untuk menentukan apakah permasalahan atau tidak di TPS. Itupun harus ditunggu proses rekap berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan tingkat provinsi,” katanya.
Apalagi pihaknya , berusaha untuk secepat mungkin menyelesaikannya, karena ini harus didokumentasikan dan penghitungan kami memang sekitar 24 jam.
Artinya hitungan di TPS, kemarin pukul 13.00 proses sampai pukul 17.00 sore ini mencapai 75 persen, tidak bisa juga 100 persen, karena bisa saja ada daerah-daerah yang masih konflik sehingga tertahan dokumennya.
“Kalau itu sudah selesai semua kami yakin dalam waktu singkat paling tidak besok sudah bisa diketahui dengan angka sangat mendekati 100 persen,” katanya.
Sedangkan Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi SE Msi menilai pemungutan suara Pilgub Sumsel berjalan dengan baik.
“ Memang H-1 banyak beredar di masyarakat termasuk di Medsos, masyarakat tidak mendapatkan C6, kalau itu ditemukan oleh saya, tidak perlu C6 cukup KTP atau suket,” katanya ketika ditemui di kantor Bawaslu Sumsel, Kamis (28/6).
Terkait penyelenggaraan Pilgub Sumsel baik termasuk penghitungan suara tidak ada masalah.
“Kemarin kita menduga akan kekurangan surat suara ternyata setelah selesai tidak ada kekurangan surat suara, tidak ada satu TPS pun menyatakan kurang surat suara, hanya hujan kemarin,” katanya.
Soal money politik H-1 sudah dilaporkan money politik di Lahat, di Muaraenim ,” Tadi malam ada demo, cukup banyak di Panwas Lahat, meminta Panwas menindak tegas pemberi dan penerima dugaan money politik termasuk hari ini di Muaraenim ada demo termasuk ada demo di Bawaslu RI ,” katanya.
Mengenai hitung cepat dari lembaga survey dia melihat , silahkan masyarakat mempercayai, namun itu menurutnya bukan angka final, yang final real count yang dilakukan berjenjang oleh KPU dan jajarannya.
“ Mungkin ada selisih dan perbedaan karena quict count dan real count metodenya berbeda, yang merasakan ada kemenangan timnya pasangan calonnya jangan terlalu eporia menunjukkan rasa kegembiraan , yang merasa belum menang kita tunggu hasilnya ,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sudirman Tegoeh Sudah Masuki Masa Pensiun

Palembang, BP Jelang masa pensiun Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh mencalonkan diri menjadi calon legislatif DPRD Provinsi Sumatera ...