Home / Headline / Dodi-Giri –HD-MY Diprediksi Bersaing Ketat

Dodi-Giri –HD-MY Diprediksi Bersaing Ketat

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana diskusi yang bertema Meneropong Hasil Pemungutan Suara Pilgub Sumsel dan Pilkada Palembang, di Hotel Swarna Dwipa, Selasa (26/6) malam.

Palembang, BP
Pengamat Politik, Universitas Sriwijaya (Joko Siswanto) memprediksi, Pilgub Sumsel akan terjadi persaingan ketat antara Pasangan Calon (Paslon) Nomor 1, Herman Deru-Mawardi Yahya dan paslon Nomor 4 Dodi-Giri. Bahkan, perbedaannya tak lebih dari 1-4 persen saja.

“Paslon yang bertarung pada Pilgub Sumsel memang ada 4 paslon. Tapi, saya memperkirakan hanya ada dua yang bertarung sengit, paling tinggi perbedaan suaranya nanti 4 persen. Itu paling tinggi, bisa HD-MY atau Dodi-Giri,” katanya, dalam diskusi yang bertema Meneropong Hasil Pemungutan Suara Pilgub Sumsel dan Pilkada Palembang, di Hotel Swarna Dwipa, Selasa (26/6) malam.

Baca:  Kelompok Ahli Pembangunan Kota Denpasar Kagumi Koleksi Museum Ak Gani

Hal itu bukan tanpa alasan, karena menurutnya kedua paslon itu yang paling dikenal di masyarakat. Sebenarnya, masih banyak yang mampu memimpin Sumsel atau Palembang. Tapi, hari ini persoalannya adalah ongkos Pilkada yang tinggi.

“Jadi calon yang ada adalah orang berduit. Kalau bicara kemampuan, masih banyak tokoh di Sumsel dan Palembang yang mampu. Tapi persoalannya adalah soal biaya,” katanya.

Baca:  Tiga Kg Shabu Disimpan Dalam Bungkus Teh Cina

Tak hanya di Sumsel, yang menjadi perhatian pengajar Hukum Pidana ini, Pilkada Palembang juga terjadi persaingan ketat antara paslon Nomor 1 Harno-Fitri dan paslon Nomor 2 Sarimuda-Rozak.

“Saya perkirakan persaingan lebih ketat di Kota Palembang perbedaannya tak lebih dari 2 persen saja, bisa Harno-Fitri atau Sarimuda-Rozak,” katanya.

Kedua paslon ini, sambung Joko, sudah sangat familiar di masyarakat, yang satu incumbent yang satu lagi sudah dikenal dengan Fakem nya.

“Tentu ini menjadi modal bagi mereka. Siapapun yabg terpilih, itulah hasil Pilkada kita,” pungkasnya.
Sedangkan Direktur Eksekutif, Forum Demokrasi Sriwijaya (Fordes) Bagindo Togar Butarbutar mengatakan, ia memprediksi kemenangan akan diraih oleh yang berkuasa.

Baca:  Aneh, Golkar Usung Mularis-Darmawan

“Yang berkuasa hari ini menang. Karena saya lihat calon yang ini, hanya mengadalkan syahwat tanpa diikuti pemetaan kekuatan lawan,” katanya.
Hal senada dikemukakan pemerhati politik MH. Al Haffafah menilai dalam Pilgub Sumsel pasangan Dodi-Giri menang dengan sejumlah indicator.
“Tapi jika Deru yang keluar sebagai pemenang, artinya konsolidasi proletar diam-diam terbangun diakar rumput, keberadaan Deru juga bisa dinilai sebagai antitesa dari Alex Noerdin yang dinilai model pemimpin yang formalistic,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Hari Ini, Sidang Pembatalan Pencalonan HDMY di Gelar di PTUN Palembang

Palembang, BP Hari ini, Selasa (17/7) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palembang menggelar persidangan gugatan No 39/G/2018/PTUN.PLG di PTUN Palembang ...