Home / Headline / 22 Kotak Suara Pilgub Sumsel Dan Pilwako Palembang Diamankan

22 Kotak Suara Pilgub Sumsel Dan Pilwako Palembang Diamankan

BP/IST
Sebanyak 22 kotak suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) dan pemilihan Walikota (Pilwako) Kota Palembang di Kelurahan 10 Ilir Kecamatan IT III Palembang, Rabu (27/6).

# Diduga Buka oknum PPL Usai Pencoblosan

Palembang, BP

Sebanyak 22 kotak suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) dan pemilihan Walikota (Pilwako) Kota Palembang di Kelurahan 10 Ilir Kecamatan IT III Palembang di temukan telah terbuka kuncinya usai pencoblosan. Kejadian tersebut telah ditemukan oleh tim pemenangan Paslon Sarimuda-Rozak.

Dikatakan Riski Saputra bersama tim advokasinya Mustika Yanto, kejadian bermula ketika usai pencoblosan di Jalan Slamet Riadi Lorong Tapak Ning Kelurahan 10 Ilir, Rabu (27/6) oknum pengawas pemilihan lapangan (PPL) membuka kotak suara yang semestinya tidak diperbolehkan sama sekali sesuai aturan bahkan bisa di pidanakan.

Baca:  KPU Dan Bawaslu Sumsel Jangan Batasi Rezeki Media Di Pileg Dan Pilpres

”Apapun alasannya, tetap membuka kotak suara tidak diperbolehkan. Kami akan membawa kasus ini ke ranah hukum dan kepada pihak penyelenggara agar menindaklanjutinya secara tegas,” katanya.

Pihaknya menemukan hal yang jelas salah, segel kunci kotak suara rusak dan segelnya diperbaiki seakan belum di buka. “Kecurangan seperti ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, masyarakat luas tentunya di rugikan akan hal ini,” kata Riski.

Baca:  KPU Sumsel Monitoring Proses Cetak Surat Suara Pilgub

Dijelaskan kembali olehnya, pihak PPL tidak boleh sama sekali membuka kotak suara tersebut. Jikapun akan membuka atau melakukan sesuatu dalam pelaksanaan di pencoblosan harus di saksikan saksi semua Paslon.” Kami akan amankan barang bukti ini, akan kami bawa ke pihak pengawas pemilu jika masuk pidana maka akan langsung ke Polresta Palembang,” katanya.

Ditempat yang sama, salah satu PPL Husnawatih yang berada di lokasi kejadian menerangkan, pihaknya hanya ingin mengambil mengambil surat C1KWK yang berada di dalam kotak suara tersebut.” Untuk mengambil kertas C1KWK didalam kotak suara tersebut,” katanya.

Baca:  Pasangan Dodi-Giri Lebih Unggu

Ketika ditanya apakah ada saksi yang menyaksikan hal tersebut, Isnawatih mengaku ada beberapa saksi, namun memang saat kejadian surat berita acara tidak dibuat.” Habis kejadian langsung kami buat berita acaranya,” katanya.

Pantauan dilapangan, puluhan personil kepolisian dan TNI berjaga ketat dilokasi tempat diamankannya kotak suara yakni kantor Lurah 10 Ilir Palembang.

Anggota Panwaslu kota Palembang Dadang Apriyanto membantah kalau PPL telah membuka kotak suara tersebut.
” Hanya 1 kotak suara yang dibuka oleh PPS dan KPPS setempat, bukan PPL kita, harusnya membuka kotak suara itu di PPK bukan di PPS ,” katanya.
Untuk itu pihaknya masih mencari informasi dari semua pihak terkait kasus ini.
” Setelah itu baru kita mengambil sikap,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tak Diberi Uang Untuk Beli Shabu, Nyaris Bunuh Ibu Kandung

Palembang, BP–Lantaran tak diberi uang untuk membeli shabu dan ponsel, Priyansah alias Yansah (28) nyaris membunuh ibu kandungannya, Suwarti (80). ...