Home / Palembang / Sidak ke Boom Baru, Bambang Sarankan Beberapa Tonggak Pelabuhan Dipindahkan

Sidak ke Boom Baru, Bambang Sarankan Beberapa Tonggak Pelabuhan Dipindahkan

SIDAK-Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono ketika melakukan sidak, di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa (26/6). BP/RIO

Palembang, BP — Usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Stasiun Kereta Api, Kertapati Palembang, Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Bambang Haryo Soekartono melanjutkan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa (26/6).

Setelah melihat-melihat perkembangan alur lalu lintas dan tempat sandar kapal yang ada pada Pelabuhan Boom Baru Palembang dan juga berbincang-bincang, menurut Bambang banyak kapal diatas 150 meter yang akan bersandar mengalami kesulitan.

“Dimana alur tempat untuk bersandar kapal diatas 150 meter menemukan kesulitan karena adanya pembangunan Jembatan Musi IV,” ungkap Bambang.

Dengan begitu, ia memberikan solusi yang ada kepada pihak pelabuhan. Dimana salah satu solusinya adalah beberapa tonggak yang ada harus segera dipindahkan, sehingga kapal besar dapat lancar keluar masuk Palembang. Tentunya ini akan membantu membantu perekonomiam kota.

“Solusinya beberapa tonggak pelabuhan harus dipindahkan secepatnya tidak boleh lebih dari Agustus. Pasti bisa dilakukan dengan cepat, apalagi Boom Baru ini memiliki alat yang canggih,” tambah Bambang.

Masih dikatakan dia, alur lalu lintas di Tanjung Api-api maupun di pelabuhan juga sudah terjadi pendangkalan yang hebat. Hal tersebut bisa membahayakan, sehingha itu pun harus segera dibenahi agar keselamatan dapat terjaga.

Dijelaskannya, di sini memang banyak kapal-kapal keluar masuk yang menemukan kesulitan, seperti kapal batubara, mengingat space yang tidak besar dan sedikit terhambat pelayaran.

“Kalau semuanya bagus pastinya bisa sangat membantu perekonomian, soalnya distribusi lewat sini semua,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Boom Baru Kelas II Palembang Adang Rodiana menjelaskan, akan segera memindahkan sebanyak 12 tonggak yang ada di Boom Baru ke Pulau Kemaro.

“Kita segera pindahkan ke Pulau Kemaro agar tidak menghalang perekonomian, akan tetapi akan di survey terlebih dahulu,” pungkasnya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

18 September, Sandiaga Uno Akan ke Palembang

Palembang, BP — Sandiaga Uno yang merupakan bakal calon Wakil Presiden Republik Indonesia dipastikan akan berkunjung ke Kota Palembang pada 18 ...