Home / Headline / Pendaftaran Panwaslu Kabupaten Dan Kota Di Sumsel Dibuka

Pendaftaran Panwaslu Kabupaten Dan Kota Di Sumsel Dibuka

BP/ Dudy OSKANDAR
 Sekretaris wilayah II, Firman Freaddy Busroh didampingi anggota Timsel wilayah I, Khadijah saat menjelaskan Pendaftaran Panwaslu Kabupaten Dan Kota Di Sumsel dengan wartawan, Senin (25/6).

Palembang, BP

Dalam rangka pembentukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/ Kota di Sumsel untuk masa jabatan 2018-2023, tim seleksi (Timsel) yang telah ditunjuk Bawaslu RI, akan mulai melakukan perekrutan.

Timsel ini sendiri dibentuk berdasarkan keputusan Bawaslu nomor: 0388/K.BAWASLU/HK.01.01/VI/2018, atas kewenangan yang diberikan oleh UU nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilu membuka kesempatan bagi WNI yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota provinsi Sumsel.

Dimana Timsel dibentuk dua tim dengan pembagian wilayah, yaitu timsel wilayah I meliputi OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Penukal Abab Lematang Ilir, Prabumulih, Ogan Ilir, dan OKI.

Baca:  Dodi- Giri Tampil Sempurna

Sementara wilayah II meliputi, Palembang, Pagar Alam, Lubuk Linggau, Banyuasin, Muba, Mura, Muratara, dan Empat Lawang.

Menurut Sekretaris wilayah II, Firman Freaddy Busroh mengatakan,   pihaknya akan berusaha maksimal melakukan rekrutmen dan ideal, betul-betul putra terbaik yang amanah nantinya.

“Kami siap menerima masukan dan koreksi, dan kita ingin mengawal demokrasi yang dicintai ini.

Kami sebagai anggota Timsel membutuhkan peran serta masyarakat terkait track record calon yang ada,” kata Firman disela- sela sosialisasi rekrutmen calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota se Sumsel, di Griya Stihpada Palembang, Senin (25/6).

Diterangkan Firman, syarat pendaftaran secara umum hampir sama, diantaranya WNI, berusia minimal 30 tahun,

Baca:  Brigjen TNI Syafrial, PSC., M. Tr (han) Jabat Kasdam II Sriwijaya

setia kepada pancasil, UUD 1945, mempunya integritas, pribadu yang kuat, jujur dan adil. Kemudian berpendidikan minimal SMA sederajat, berdomisili diwilayah Kabupaten/kota di Sumsel.

sehat jasmani dan rohani, serta tidak menjadi anggota partai, serta tidak pernah dipidana dengan ancaman penjara 5 tahun atau lebih.

Ditambahkan Firman, bagi warga yang berminat bisa mengajukan surat lamaran kepada Timsel Bawaslu Kabupaten/kota se Sumsel.

Dimana fomulir berkas administrasi calon anggota Bawaslu dapat diperoleh di sekretariat Timsel di Jl Kol H Burlian KM 6 Sukarame (sebelah Kobelco) Palembang, telepon (0711)5610977 atau E-mail [email protected]

Waktu penerimaan pendaftaran dimulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2018, jam 08.00 s.d 15.00 wib, khusus hari terakhir 4 Juli 2018 pendaftaran diterima hingga pukul 17.00 wib. Kita tegaskan juga, pendaftaran dan seleksi tidak dipungit biaya sepeserpun,” tegas Firman.

Baca:  Bawaslu Sumsel Gelar Touring Pengawasan

Sementara anggota Timsel wilayah I, Khadijah menyatakan pihaknya aka bekerja berdasarkan bukti pedoman Bawaslu RI, dan berusaha bekerja secara profosional.

Dilanjutkan akademis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini, dalam pendaftaran administrasi nanti, wajib 30 persen keterwakilan perempuan yang daftar.

“Jika nyatanya pada seleksi administrasi belum cukup keterwakilan 30 persen, maka pemintanya akan diperpanjang masa pendaftarannya,” tandas Khadijah

Selain itu, karena lembaga ini tidak lagi adhock melainkan permanen 5 tahun, maka bagi calon yang berasal dari anggota Panwaslu Kabupaten/kota, meski mengikuti proses tahapan pendaftaran seperti biasa, namun akan ada pembeda sedikit.

“Mereka tetap melaksanakan tahapan seleksi administrasi, tertulis, kesehatan dan wawancara.

Kalau yang sudah menjabat saat ini, tidak dilakukan skor penilaiannya, karena bentuk penghargaan beda dengan yang baru dirangkingkan jumlahnya, termasuk psikologi dan wawancara langsung Bawaslu RI,” pungkasnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Hari Ini, Sidang Pembatalan Pencalonan HDMY di Gelar di PTUN Palembang

Palembang, BP Hari ini, Selasa (17/7) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palembang menggelar persidangan gugatan No 39/G/2018/PTUN.PLG di PTUN Palembang ...