Home / Headline / Tiga Daerah Rawan Money Politik Dan Bagi Sembako

Tiga Daerah Rawan Money Politik Dan Bagi Sembako

BP/DUDY OSKANDAR
Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi

Palembang, BP

Menjelang hari pencoblosan Pilkada serentak pada 27 Juni mendatang ada tiga daerah yang rawan money politik dan pembagian sembako. Ketiga daerah itu adalah Palembang, Muara Enim dan Pagar Alam.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi usai Apel Siaga Panwaslu Se-Kota Palembang pada Pilkada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dan Pilwako Palembang 2018 di stadion kamboja, Minggu (24/6).

Baca:  Layangan Palembang

Junaidi mengatakan, Bawaslu akan mengawasi secara masif daerah yang rawan pelanggaran money politik dan pembagian sembako yakni di Palembang, Muara Enim dan Pagar Alam.

“Kami berharap paslon sadar diri kalau kampanye sudah selesai. Sehingga saat ini waktunya pendekatan diri kepada Tuhan misalnya dengan sholat Tahajut, sholat Hajat dan lainnya. Karena waktu maksimal kampanye sudah selesai, jadi pendekatan dengan masyarakat agar dihentikan, ” ujarnya.

Baca:  Sidang Prapradilan Gunawati Thamrin Berakhir Kamis Ini

Menurutnya, contoh money politik di daerah perkebunan rakyat seperti petani kopi di Pagar Alam, Semendo dan Empat Lawang adalah dengan memberikan uang kepada petani agar mau mencoblos. “Biasanya petani ini bermalam di kebun sehingga tidak mau hadir ke TPS. Namun mereka diiming-imingi uang ongkos supaya mencoblos. Itu kami tekankan ke Panwaslu kalau money politik itu adalah pelanggaran. Kalau terbukti di Pilgub masif dilakukan di 9 kabupaten/ kota maka akan didiskualifikasi. Kalau untuk Pilwako, jika terbukti dilakukan masif di 9 kecamatan maka akan didiskualifikasi, ” katanya.

Baca:  Usulkan Pintu Air Buka Tutup di Sungai Musi

Mengenai logistik, Junaidi mengungkapkan, secara umum sudah cukup kecuali Mura ada kekurangan C6. Selain itu, di Prabumulih juga ada kekurangan C6 tapi ada kesepakatan panitia untuk difotocopi dengan dibuat di berita acara.

“Untuk DPT Palembang ini kita claerkan. Tapi banyak masyarakat yang mengeluhkan belum terdaftar di DPT, ” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Prihatin SFC Alami Degradasi

Palembang, BP Gagalnya tim sepak bola kebanggan Sumatera Selatan (Sumsel) Sriwijaya FC (SFC) untuk bercokol di liga I dan degradasi ...