Home / Headline / Pantau Arus Mudik, Kapolda Warning Truk Jangan Melintas

Pantau Arus Mudik, Kapolda Warning Truk Jangan Melintas

Palembang, BP–Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara memantau arus mudik melalui jalur udara tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439, Selasa (12/6).

Didampingi Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Taslim Chauruddin dan Karo Ops Kombes Pol Bambang, Kapolda memantau arus lalu lintas di Tol Palindra Ogan Ilir dan seluruh arus mudik Jalintim dan Jalinteng.

Rombongan langsung menuju ke OKI, untuk mengecek pos pengamanan jalur mudik di Jalan Lintas Timur OKI. Disini juga, dari pantauan usara terlihat ramai lancar. Usai mendarat, Kapolda dan rombongan mendatangi pos pengamanan di Jalur Lintas Timur Kecamatan Mesuji.

Kapolda mengatakan, dari pantauan masih ada truk yang melintas. Tetapi truk ini bukan menempuh jarak jauh, hanya jarak dekat.

Baca:  Kapolda Imbau Masyarakat Palembang Rayakan Malam Takbiran Tidak Berlebihan

“Namun tetap kami peringatkan untuk tidak melintas lagi. Bila masih, maka akan kami kandangkan. Ini demi kenyamanan para pemudik masuk ke Sumsel,” ujar Zulkarnain.

Kapolda juga menyempatkan diri untuk mengecek perbatasan Mesuji OKI dan Mesuji Lampung. Dimana, lokasi ini yang menjadi tempat pelemparan batu terhadap bus damri yang melintas.

Memang, jalan disini masih terdapat lubang meski tidak lebar. Hal inilah, yang membuat kendaraan pemudik memperlambat laju kendaraan. Akan tetapi, Irjen Zulkarnain menjamin keamanan para pemudik yang masuk wilayah Sumsel. Karena, di wilayah ini juga sudah di sebar sniper untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengecekan dilanjutkan ke OKU Timur. Jalur Lintas Tengah dari pantauan udara, juga terlihat ramai lancar. Disini, Irjen Zulkarnain juga menyempatkan diri mampir di masjid Jami OKU Timur. Usai melaksanakan salat zuhur, jenderal bintang dua ini meminta sedikit waktu untuk menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat.

Baca:  Kapolda 'Deadline' Satu Bulan Premanisme Jalinsum

Selain meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, juga diharapkan masyarakat dapat berperan aktif untuk sama-sama mengingatkan agar tidak melakukan tindak kejahatan.

“Kami tidak benci dengan orangnya, hanya ingin mengingatkan bila perbuatannya itu salah. Bila sudah diingatkan masih tidak mau, apa boleh buat akan kami sikat habis,” ujarnya dihadapan jemaah masjid Jami.

Namun, diharapkan dengan peran serta masyarakat untuk saling mengingatkan, diharapkan pelaku kejahatan khususnya di OKU Timur dapat berkurang.

“Jangan image tempat pelaku kejahatan melekat terus. Itulah yang perlu kita ingatkan bersama, jangan sampai nama wilayah kita selalu buruk,” ungkapnya.

Baca:  Kapolda Sidak Pasar

Kapolda Sumsel menjamin, semua pemudik yang melalui jalur mudik di wilayah Sumsel aman. Tiga pilar juga sudah dikerahkan untuk terua memantau keamanan serta kelancaran arus mudik yang ada di wilayah Sumsel.

“Tidak ada tempat yang rawan untuk dilalui pemudik, itu hanya image saja. Semuanya aman dan bisa dilalui pemudik. Kami tidak main-main, bila mengganggu akan kami sikat habis dan kami tindak tegas betul,” pungkasnya.

Lengangnya jalur mudik yang terjadi, karena memang jumlah peningkatan kendaraan tidak terlalu signifikan. Tahun ini, peningkatan volume kendaraan pemudik hanya 1 persen sampai dua persen saja. Hal ini, lantaran para pemudik sudah banyak memilih untuk mudik saat awal cuti bersama. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ketika Pasukan Inggris Keluar Dari Palembang

PADA 28 Oktober 1946, awal penggantian pasukan Inggris di Palembang oleh bagian KNIL dan Angkatan Darat Kerajaan Belanda. Seluruh operasi, ...