Home / Headline / Arcandra Tausyiah di IKA Unsri

Arcandra Tausyiah di IKA Unsri Cerita Terbatasnya Ilmu Ketika ke AS

Palembang, BP–Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar hadir di Palembang, khusus datang untuk mengisi acara Ifthar Ramadhan IKA Universitas Sriwijaya, Sabtu (9/6) di Ballroom Arista Hotel , Palembang.
Arcandra hadir memang bukan sebagai pejabat negara dan tidak membicarakan soal tugasnya sebagai Wamen ESDM, tapi kali ini Arcandra tampil sebagai pemberi tausyiah di hadapan pengurus IKA Unsri.
Arcandra berbagi pengalaman soal ilmu , kebodohan dan kesombongan. Masalah ilmu, setelah selesai kuliah di Bandung dan diberi kesempatan training ke AS. Tidak kebayang ke AS, gimana caranya . Tidak pernah ke luar negeri. Terus disuruh ke luar negeri ikut training. Kebetulan saya bersama teman teman yang non muslim dan training di Chicago. Pertanyaan pertama , bagaimana cara shalat di pesawat? Kedua adalah jika dari Indonesia ke AS hilang satu hari, kemana sholat yang hilang waktu itu. Terus kalau tidak menemukan siang bagaimana saya puasa?. Sesampai di AS apa bahasa Inggris nya sholat ? Kebetulan sampai sore hari, saya mau shalat.
Pertanyaan saya mau shalat dan kiblat kemana? Bahasa Inggrisnya kiblat apa? Merasa bingung. Ini kaitannya dengan ilmu dan kebodohan. Keterbatasan ilmu tidak tahu arah kiblat, dan terus mencari dan bisa ada jawaban dengan ilmu .
Adalah saat naif jika manusia mengatakan tahu segalanya, padahal manusia diberi ilmu sangat sedikit. Terkait dengan kebodohan, jangan sampai menyebar informasi yang tanpa tabbayyun. Sekarang banyak grup wa dan terkadang pengguna telepon seluler langsung saja menyebarkan informasi tanpa tabbayyun , itu bentuk menimpakan musibah dan akan menjadikan menyesal . Terakhir soal kesombongan , dalam Alquran ketika Allah memerintahkan untuk bersujud ke Adam ketika iblis menolak dan merasa diri paling hebat. Padahal manusia diberi ilmu sedikit.
Sebelumnya Ketua IKA Unsri Agung Firman Sampurna, dalam sambutannya mengatakan ,, silaturahim merupakan agenda rutin IKA Unsri. Acara Ifthar Ramadhan adalah acara internal IKA Unsri yang merupakan keluarga besar alumni Unsri. Hadir juga Ika fakultas yang ada di lingkungan Unsri.
Sudah banyak agenda acara yang diprakarsai oleh IKA Unsri termasuk kerja sama dengan unsri dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa Unsri.
Agung juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Uda Arcandra. Seperti diketahui Arcandra adalah asli anak Minang yang sukses di luar negeri .
Arcandra juga teman sekolah dari Sekjen IKA Unsri Hengky Witarsah. Semoga dengan kehadiran Uda dapat memberikan motivasi dan semangat bagi IKA Unsri. Agung menyampaikan ke Uda Arcandra, ada beberapa kegiatan IKA Unsri memberikan kesempatan untuk bersatu menguatkan berkontribusi untuk negeri.#fir

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Antar Siswa Muba ke Kelas MRSHS, Dodi Sampaikan Banyak Pesan

Perth, Australia, BP–Mengikuti Pelatihan Pendidikan di Margaret River Senior High School Australia (MRSHS), pada Jumat (19/10), tampak siswa-siswi dan guru ...