Home / Headline / KPID dan KPU Sumsel, Periksa Materi Iklan Paslon

KPID dan KPU Sumsel, Periksa Materi Iklan Paslon

BP/IST
Suasana rapat kordinasi tersebut, Ketua KPU Sumsel Aspahani, Komisioner Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi, Komisioner Devisi Teknis Liza Lizuarni dan Sekretaris KPU Sumsel Sumarwan, serta Wakil Ketua KPID Sumsel Eftiyani, Rabu (6/6).

Palembang, BP

Sebelum menayangan iklan kampanye di media elektronik 10-23 Juni mendatang, KPU Sumsel menggandeng Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, memeriksa kelayakan materi iklan yang diserahkan masing-masing Pasangan Calon (Paslon) gubernur Sumsel, Rabu (6/6).

Baca:  Raskin Tidak Merata Dan Tidak Tepat Sasaran

Hadir dalam rapat kordinasi tersebut, Ketua KPU Sumsel Aspahani, Komisioner Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi, Komisioner Devisi Teknis Liza Lizuarni dan Sekretaris KPU Sumsel Sumarwan, serta Wakil Ketua KPID Sumsel Eftiyani.

Komisioner KPU Sumsel Devisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, materi iklan untuk media cetak dan online tidak ada kendala, namun perlu perbaikan terhadap beberpa materi iklan untuk TV dan Radio. Karena mengandung unsur ‘ucapan selamat’. “Sesuai dengan surat ederan
nomor 68/K/KPI/31.2/02/2018, iklan kampanye Paslon dilarang memuat ucapan selamat,” jelas Naafi.

Baca:  Sumsel kantung Suara Gerindra

Dia melanjutkan, ada beberapa unsur yang jadi perhatian dalam penelitian materi iklan tersebut. Diantaranya harus memenuhi unsur kampanye dan tidak melanggar aturan penyiaran. “Dengan iklan di media ini kita berharap progtan dan visi-misi paslon dapat sampai ke seluruh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPID Sumsel Eftiani mengatakan, berdasarkan penilaian mereka secara garis besar, materi audia maupun visual iklan kampanye Paslon sudah memenuhi syarat. “Tinggal lagi perbaikan untuk ‘Ucapan Selamat’ karena bertentangan dengan surat edaran nomor 68,” katanya.

Baca:  Gerindra Optimistis Penuhi Kuota Caleg Perempuan

Setelah itu, mereka juga akan memantau saat penayangan di media. Apakah sudah sesuai dengan yang disepakati hari ini.
“Terutama untuk durasi iklan dan waktu penayangan akan kami pantau,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Prihatin SFC Alami Degradasi

Palembang, BP Gagalnya tim sepak bola kebanggan Sumatera Selatan (Sumsel) Sriwijaya FC (SFC) untuk bercokol di liga I dan degradasi ...