Home / Headline / Jembatan Ogan Sempat Jadi Ikon Kota Palembang Sebelum Ampera

Jembatan Ogan Sempat Jadi Ikon Kota Palembang Sebelum Ampera

BP/IST
Rd Moh Ikhsan

Palembang, BP

Pengamat sejarah kota Palembang Rd Moh Ikhsan menyayangkan kalau Jembatan Ogan yang menghubungkan Kecamatan SU I dan Kertapati, ditutup tadi malam lantaran jembatan dengan pelengkung itu, sekitar pukul 16.30, Rabu (6/6) ditabrak kapal tongkang yang ditarik Tug Boat (TB) Jangkat.
“Memang jembatan itu tidak ada vender atau pelindung,” katanya,Kamis (7/6).
Menurutnya, kalau jembatan tersebut di buat kolonial Balanda untuk menghubungkan kawasan seberang ulu dan ilir Palembang.
“Belanda menyebut jembatan itu Ogan Brug atau jembatan Ogan karena melihat lokasi pembuatan Jembatan di Sungai Ogan tapi entah kenapa setelah itu orang menyebut jembatan Ogan menjadi Wihelmina Brug atau jembatan Wihelmina merujuk nama ratu Belanda saat itu,” katanya.
Selain itu sebelum berdiri Jembatan Ampera, atau sebelum tahun 1955 Ikon kota Palembang adalah Jembatan Ogan.
Selain itu jika melewati kereta api dan membawa hasil bumi dari Kertapati menurutnya diperlukan jembatan untuk melintasi Sungai Ogan sehingga Belanda mendirikan Jembatan Ogan tersebut.
“Apalagi dulu pendirian jembatan Ogan, lengkungannya baru di bangun satu , entah tahun berapa bertambah menjadi dua lengkungan ,” katanya.
Selain itu,  dalam perang lima hari lima malam, Belanda sempat memblokir Jembatan Ogan, akibatnya 70 sampai 80 pejuang Sumsel tertahan di Kertapati karena tidak bisa menyebrang ke Palembang ditambah lagi Belanda sudah menyiagakan kapal-kapalnya sepanjang Sungai Ogan walaupun akhirnya pejuang Sumsel bisa melewati Jembatan Ogan dengan melakukan konfrontasi.
“Kita harapkan pemerintah bisa menjaga dan memelihara Jembatan Ogan ini karena bernilai sejarah tinggi bagi kota Palembang ,” katanya.
Apalagi selain,  Jembatan Ogan , juga Jembatan tife lengkungan ini juga ada di Baturaja, OKU Induk dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Prihatin SFC Alami Degradasi

Palembang, BP Gagalnya tim sepak bola kebanggan Sumatera Selatan (Sumsel) Sriwijaya FC (SFC) untuk bercokol di liga I dan degradasi ...