Home / Bisnis / Ganti Manajemen, BPR Sumsel Berhasil Tekan Kredit Macet

Ganti Manajemen, BPR Sumsel Berhasil Tekan Kredit Macet

Palembang, BP

Setelah sempat terseok-seok hingga melakukan pergantian direksi, Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sumsel kini berangsur pulih. Lima bulan terakhir, bahkan sudah menyelesaikan kurang lebih Rp18 miliar tunggakan dan menekan tingkat non performing loan (NPL) atau kredit macet hingga 7 persen.

Direktur Utama BPR Sumsel, Marzuki di sela-sela kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa mengatakan, saat ini pun perusahaan kini sudah mulai profit, hingga akhir tahun diproyeksikan laba bisa tembua Rp9 miliar.

“Proyeksi kami profit Rp9 miliar hingga akhir tahun, untuk saat ini realisasi baru mencapai Rp4 miliar. Namun yang paling penting perusahaan ini sehat dulu, NPL sdh mulai bisa ditekan dan diharapkan nanti kinerja terus membaik,” katanya, Rabu (6/6).

Dia mengatakan, upaya menekan NPL ini dilakukan dengan cara penagihan hinga restrukturisasi kredit. Sehingga kredit macet yang sempat tak tertagih kini sudah mulai dilakukan pembayaran, sehingga perputaran kredit bisa berjalan.

BPR Sumsel lanjut Marzuki akan melakukan konsentrasi memperbaiki kualitas kredit dengan menyelamatkan kredit yang bermasalah karena belakangan kredit mikro melemah lantaran penurunan daya beli masyarakat yang berdampak secara signifikan.

“Jadi target utama adalah perbaikan NPL, ekspansi kredit, melakukan proses penguatan organisasi dan melakukan pengembangan teknologi menuju BPR Sumsel yang mengikuti trend perubahan,”jelasnya.

Sementara itu, RUPS luar biasa ini belum ada suntikan modal baru dari pemegang saham dan dari sisi manajemen, saat ini posisi komisaris masih terisa satu tempat lagi, dan saat ini masih dalam proses pengajuan.

“Untuk posisi yang baru saat ini, Direksi BPR yakni Direktur Utama Marzuki, Direktur Operasional Edi Siswanto, Direktur Kepatuhan Hendera,” katanya.

Terkait program ke depan, dikatakan dia pihaknya akan meningkatkan penyaluran kredit untuk PNS dan pengusaha UMKM dengan pelayanan cepat, mudah dan bunga flat 12-14% per tahun. “Kini dengan manajemen yang baru kami siap melayani dan memberikan yang terbaik bagi nasabah,” tukas dia. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MT Telkomsel Bagi 1800 Takjil Gratis

Palembang, BP Mengedepankan semangat “Saatnya Berbagi dalam Keberagaman”, Majilis Taklim Telkomsel (MTT) Sumbagut memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbagi kebaikan dan ...