Home / Headline / Iklan Kampanye Pilgub Sumsel, Prioritaskan Media Lokal

Iklan Kampanye Pilgub Sumsel, Prioritaskan Media Lokal

BP/IST
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan rapat kordinasi dengan awak media dan tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon), Selasa (5/6) di sekretariat KPU Sumsel.

Palembang, BP

Membahas mekanisme iklan kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan rapat kordinasi dengan awak media dan tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon), Selasa (5/6) di sekretariat KPU Sumsel.

Pada kesempatan itu, komisioner KPU Sumsel Devisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi menjelaskan, iklan kampanye Paslon yang akan tersebut akan tayang 10-23 Mei di media cetak, elektronik dan cyber.
“Kita perlu sepakati waktu penayangan, karena ada penyesuaian dengan Ramadan dan Idul Fitri, khususnya untuk media cetak apakah masih terbit saat lebaran,” katanya.

Baca:  Komisi V DPRD Sumsel Kunjungi Disdik Jabar

Sebelumnya, KPU juga sudah kordinasi dengan tim Paslon terkait hak tayang dengan media. Mekinismenya, materi iklan yang akan ditayangkan ke media diserahkan ke KPU Sumsel, kemudian KPU yang akan menyerahkan ke masing-masing media. Termasuk untuk revisi iklan, satu pintu melalui KPU. “Tim paslon tidak bisa langsung merevisi ke media, karena materinya harus kami lihat dulu guna memastikan tidak ada unsur pelanggaran,” katanya.

Baca:  Gerbong Relawan CH Dodi -Giri Bergerak

Sementara itu sekretaris KPU Sumsel Sumarwan menambahkan, melalui pertemuan ini pihaknya perlu memastikan kapan waktu yang ideal untuk iklan pasangan calon.

“Jangan sampai ketika ditayangkan tidak ditonton masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan sistem pemesanan iklan kampanye ini, KPU Sumsel menerapkan penunjukan langsung untuk dua media pemerintah, TVRI dan RRI. Sedangkan untuk media yang lain melalui proses lelang tender LPSE KPU RI. “Hari ini masih sedang tahap pembuktian berkas,” katanya.

Marwan menambahkan, setiap paslon diberi ruang yang sama, berimbang dan berkeadilan. Melalui iklan media ini diharapkan informasi sosialisasi paslon sampai ke seluruh lapisan masyarakat.
“Pastinya kami memprioritaskan media lokal dan yang menjangkan seluruh daerah Sumsel,” katanya.

Baca:  Penetapan Gunawati Sebagai Tersangka Sah Menurut Hukum

Sebelum diserahkan ke media, materi iklan akan diperiksa terlebih dahulu apakah mengandung unsur pelanggaran atau tidak. “Kami melibatkan Komisi Penyiaran Indonesia dan Bawaslu dalam hal ini,” katanya.

Pemembahas Iklan Kampanye Paslon akan dilanjutkan, Rabu (6/6) pukul 13.00, Rakor dengan PRSI, KPID dan Bawaslu, menetapkan batasan-batasan iklan kampanye. Hari itu juga hasilnya disampaikan pada pasangan calon.

Kemudian, tanggal (8/6) , penyampaian perbaikan materi iklan hingga pukul 12.00 dan pukul 16.00 nya semua materi iklan sudah diserahkan ke mudia untuk ditayangkan 10-23 Juni 2018.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Nilai Hutang Pemprov Sumsel Turun Hingga Sebesar Rp.464, 317 Miliar

Palembang, BP Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Ishak Mekki memberikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel atas penjelasan ...