Home / Headline / DPRD Sumsel Harapkan 19 Juni Jembatan Musi IV Dan VI Bisa Tersambung

DPRD Sumsel Harapkan 19 Juni Jembatan Musi IV Dan VI Bisa Tersambung

BP/Ist
Elianuddin HB

Palembang, BP
Pihak DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) tetap berharap pembangunan Jembatan Musi IV dan Musi VI tanggal 19 Juni bisa tersambung dengan catatan soal pembebasan lahan selesai.
Menurut anggota DPRD Sumsel Elianuddin HB mengatakan, kalau dengan melihat kondisi Jembatan Ampera yang sudah macet panjang sehingga jalan satu-satunya mempercepat pembangunan Jembatan Musi IV dan VI.
“Kemarin kita sudah setujui pendahuluan pekerjaan , mudah mudahan sebelam tanggal 19 Juni bisa tersambung jembatan dengan catatan pembebasan lahan selesai, juga,” katanya, Rabu (6/6).
Dan diharapkan sebelum Asian Games , kedua jembatan tersebut bisa selesai di kerjakan dengan melakukan percepatan pembangunan.
Sementara itu pembangunan jembatan Musi IV telah memasuki progres 81,78 persen. Dimana salah satu infrastruktur jembatan penunjang Asian Games ini diprediksi bakal selesai selama 45 hari ke depan sebelum perhelatan pesta olahraga se-Asia itu berlangsung.
“Sampai sekarang belum ada pergeseran waktu selesai, masih seperti kemarin dijadwalkan sudah tersambung ke kawasan Ulu pada Juli nanti,” kata PPK Jembatan Metropolis Kota Palembang Suwarno.
Suwarno menjelaskan, dari total 18 segmen, sebanyak sembilan segmen atau tepatnya berada di tengah sungai musi, pengerjaannya sedikit terlambat, dikarenakan banyaknya perubahan pada girder Jembatan.
Akan tetapi, dalam satu kali pengecoran jembatan, mereka langsung melakukan di empat lokasi berbeda secara bersamaan. Sehingga dengan begitu, pengerjaan jembatan Musi IV bisa selesai tepat waktu.
“Masalah girder memang jadi hambatan, tapi itu sudah bisa diatasi. Sekarang, dari total 14 pilar Jembatan, kita sedang mengejar tiga bentang di pilar ke 10-11 dan 11-12. Pengecorannya berbarengan, kita optimis jembatan Musi IV selesai tepat waktu,” ujarnya. Setelah jembatan Musi IV tersambung antara kawasan seberang ilir dan ulu, tahapan selanjutnya yakni memasuki finishing dengan melakukan pengaspalan, memasang marka jalan, serta lampu. “Setelah selesai sekitar 10 hari baru bisa dilewati secara umum. Tapi baru seadanya tanpa ada ornamen,” jelasnya.
Sedangkan untuk pembangunan Jembatan Musi VI yang direncanakan sebagai salah satu fasilitas penunjang pelaksanaan Asian Games 2018 dipastikan tak bisa digunakan ketika pesta olahraga se Asia itu berlangsung.
Sebab, pembebasan lahan untuk pembangunan Jembatan Musi VI yang menghubungkan antara kawasan Seberang Ulu dan Ilir hingga hari ini belum selesai.
Jembatan Musi VI sebelumnya direncanakan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan sebagai salah satu akses jalan alternatif yang digunakan masyarakat Seberang Ulu dan Ilir saat helat Asian Games 2018 berlangsung.
Sementara, Jembatan Ampera yang setiap hari digunakan masyarakat, akan ditutup bagi umum dan dikhususkan sebagai akses jalan para atlet pada Asian Games.
Saat ini para pekerja proyek masih terus melakukan aktivitas pembersihan di lantai jembatan dan akan melakukan pengecoran lantai beton jembatan.
Menurut Pejabat Pembuat Komite (PPK) Musi VI, Joko Saputro, progres pembangunan sudah mencapai 64,109 persen. Sebelumnya, pembangunan Jembatan Musi VI diperkirakan akan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018, namun lantaran terkendala pembebasan lahan, target ini tidak tercapai.
Jembatan Musi VI belum dapat digunakan saat pelaksanaan pesta olahraga se Asia yang akan digelar mulai 18 Agustus 2018. Saat ini Pejabat Pembuat Komite (PPK) Musi VI Joko Saputro menargetkan pengerjaan jembatan ini akan selesai pada Desember 2018.
“Saat ini kami sedang mempersiapkan pengecoran beton lantai jembatan. Kami juga masih terkendala masalah pembebasan lahan, baik di seberang Ulu maupun seberang Ilir, belum ada yang dibebaskan, “ ujar PPK Musi VI Palembang, Joko Saputro.
Hingga saat ini lahan yang belum dibebaskan di wilayah Seberang Ulu sebanyak 15 rumah dan 30 rumah di Seberang Ilir. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Nilai Hutang Pemprov Sumsel Turun Hingga Sebesar Rp.464, 317 Miliar

Palembang, BP Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Ishak Mekki memberikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel atas penjelasan ...