Home / Pendidikan / UIN Ajak Mahasiswa Tanamkan Cinta Al Quran

UIN Ajak Mahasiswa Tanamkan Cinta Al Quran

(Suasana Nuzulul Quran civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang di Masjid Darul Mutaqin UIN)

Palembang, BP
Momen bulan suci Ramadan menjadi ajang berlomba-lomba kebaikan seluruh muslim dunia. Beragam cara dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai dari masyarakat umum pun juga mereka generasi muda yakni pelajar dan mahasiswa.
Seperti yang dilakukan oleh Civitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang mengajak mahasiswa untuk menanamkan kecintaan Al Quran sejak dini dengan berbagai kegiatan.
Mulai dari tausiyah yang menghadirkan Ustadz kondang Palembang Ustadz Taufik Hasnuri dan juga perlombaan puisi bernuansa Islami.
Wakil Rektor UIN Raden Fatah Palembang Ismail Sukardi mengatakan acara ceramah agama dan lomba puisi yang digelar juga merupakan memperingati acara Nuzulul Quran yang merupakan hari turunnya Al Quran melalui wahyu yang diturunkan Alloh SWT kepada Nabi Muhammad SAW.
“Kita berharap dengan kegiatan ini mampu menambah kecintaan mahasiswa kepada Al Quran,”ujar Ismail Zarnubi disela kegiatan di Masjid Darul Mutaqin UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (5/6).
Lanjut dia, peringatan Nuzulul Quran Ramadhan ini dibarengi kompetisi baca puisi secara spontanitas. Dengan harapan memberikan semangat kepada mahasiswa agar selalu berkarya dan meningkatkan ketaatan dengan karya puisi islami.
“Dan kita juga berharap, peringatan nuzulul Quran ini bisa menjadi amal sekaligus menggali potensi mahasiswa dibidang puisi,” terangnya.
Diijelaskannya, selain menggelar lomba baca puisi, berbagai kegiatan juga telah dilakukan seperti sholat Azhar berjamaah, pembagian paket lebaran, santunan anak yatim dan tausyiah. Sejumlah kegiatan ini dilakuka secara bersamaan dalam beberapa hari sebelumnya hingga hari ini.
 “Ini kegiatan rutin kita setiap tahun. Kegiatan yang sama juga akan kita lakukan pada Ramadhan berikutnya,” ujarnya.
Ismail berharap, sejunlah rangkaian kegiatan ini bisa menjadi motivasi bisa mepererat sikahrutahmi antar mahasiawa, dosen dan karyawan dilingkungan citivas akademika UIN Raden Fatah Palembang.
“Kita mengaja mahasiswa untuk memetik makna Nuzulul Quran dan bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.
Sementara itu dalam tausiyahnya, Ustadz Taufik Hasnuri menyampaikan bahwa hikmah Nuzulul Quran harus terus disampaikan agar fadilah pahalanya menjadi semangat untuk lebih mencintai Al Quran sebagai panutan umat muslim.
“Momen-momen ini sepantasnya kita sambut dengan terus berbuat baik, baca Al Quran. Kita jadikan Al Quran sebagai panutan,”pungkasnya. #sug
Baca:  Jalan Sehat Rangkaian HUT UIN Raden Fatah Meriah
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gembleng Demokrasi Guru, Disdik Gandeng PIER dan KAS

Palembang, BP Berangkat dari meningkatkan nilai-nilai demokrasi pada guru secara maksimal di era saat ini, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan menggelar ...