Home / Headline / Surat Suara Pilgub Sumsel Mulai Dilipat KPU Palembang

Surat Suara Pilgub Sumsel Mulai Dilipat KPU Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana pelipatan surat suara Pilgub Sumsel di KPU Palembang, Selasa (5/6).

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang tengah mulai melakukan pelipatan Surat Suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel mulai Selasa (5/6) di aula Demokrasi Lantai III KPU Palembang.
Sesuai jadwal dari KPU Palembang, pelipatan surat suara akan berakhir lima hari setelah dimulainya pelipatan. Demikian diungkapkan Anggota KPU Palembang, Rudi Pangaribuan, di ruang kerjanya, Selasa (5/6).
“Sesuai DPT yang sudah dibulatkan keatas dengan penambahan 2,5 persen surat suara per TPS ada 1.142.416 surat suara Pilgub yang akan dilipat. Pelipatan surat suara ini dilaksanakan selama lima hari, untuk jumlah SDM yang melipat ini sesuai dengan kebijakan pihak ketiga yang memenangkan tender pelipatan surat suara ini,” kata Rudi.
Dijelaskannya, sesuai kesepakatan dengan pihak ketiga ada beberapa peraturan yang diberikan untuk pelipat sebelum memasuki ruang melipat surat suara.
“Pelipat tidak boleh membawa tas, handphone atau benda lainnya kecuali alat pelipat. Aktivitas makan minum juga tidak boleh dilakukan didalam ruang melipat , sebelum masuk keruangan setiap pelipat akan diperiksa oleh petugas keamanan,” katanya.
Untuk surat suara Pilkada Kota Palembang, kata Rudi, terjadi sedikit keterlambatan dari percetakan. Paling lambat tanggal 10 Juni pihaknya baru akan menerima surat suara Pilwako yang kemudian dilanjutkan untuk pelipatan.
“Kalau informasinya sekarang untuk surat suara pilwako sudah tercetak kurang lebih 300 ribuan, tanggal 8 atau tanggal 9 Juni sudah dikirim, mungkin tanggal 10 sudah kita terima. Penjadwalan dari mereka memang seperti itu. Untuk surat suara yang rusak, akan dikembalikan ke percetakan untuk dicetak ulang dengan menyertakan bukti fisik surat suara yang rusak,” katanya.
Salah satu warga yang ikut melipat surat suara, Gadis (55) mengatakan, tertarik ikut melipat surat suara karena kebutuhan ekonomi yang besar terlebih menjelang hari raya idul fitri alias lebaran.
Selain alasan ekonomi, menurut warga kelurahan Kamboja, Ilir Timur I Palembang ini, dengan ikut membantu pelipatan surat suara artinya dirinya juga ikut berkontribusi untuk negara.

Baca:  Kisah Dua Bulan Bung Karno Tinggal Dirumah Limas dr Ak Gani Yang Kini Terlantar

Dia mengatakan, upah yang didapat dari jerih payahnya melipat surat suara Rp100 per lembar surat suara. Untuk awal, masing-masing warga yang melipat suara dijatahi satu box surat suara berisi 2000 lembar.

“Rp100 perlembar. Nah untuk awal ini 2000 lembar surat suara, nanti kalau selesai ditambah lagi,” katanya.

Warga lainnya yang ikut melipat surat suara pilgub Sumsel, Suryati. Warga RT 24 Kelurahan Kamboja ini mengatakan selalu dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara saat pilkada. osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Prihatin SFC Alami Degradasi

Palembang, BP Gagalnya tim sepak bola kebanggan Sumatera Selatan (Sumsel) Sriwijaya FC (SFC) untuk bercokol di liga I dan degradasi ...