Home / Palembang / Tambah Mobil Crane Untuk Perbaikan Lampu Jalan

Tambah Mobil Crane Untuk Perbaikan Lampu Jalan

Kepala Dinas PRKP Palembang, Erwani Matdehi, meninjau satu unit mobil crane yang didatangkan nantinya untuk perbaikan lampu jalan.

Palembang, BP — Mobil crane yang dimiliki saat ini untuk perbaikan lampu jalan dan memangkas pohon, dinilai Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) jumlah masih belum ideal sehingga setiap tahunnya ditambah setidaknya satu unit.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palembang, Erwani Matdehi mengatakan, pihaknya rutin menganggarkan untuk melengkapi mobil crane hingga bisa mengcover semua wilayah. Tahun ini saja, sudah dianggarkan menggunakan APBD kota dan telah didatangkan 1 mobil crane dengan kapasitas jangkauan tinggi 200 meter.

Baca:  DPJPP Siapkan 4.000 Lampu Terangi Jalan dan Pemukiman Warga

“Mobil crane ini bisa untuk perbaikan lampu jalan dan pemangkasan pohon. Mobil sengaja dibeli dengan ukuran lebih kecil agar bisa masuk ke lorong di perumahan,” katanya, Senin (4/5).

Erwani mengatakan, seluruh mobil crane yang ada saat ini berjumlah 8 unit. Diantaranya 5 unit untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) dan 3 untuk taman. Jika dibandingkan dengan jumlah kecamatan di Palembang ada 18, artinya setidaknya kota memiliki masing-masing 8 untuk PJU dan taman. Sehingga saat ada kerusakan di kecamatan yang jaraknya cukup jauh tidak terlalu lama.

“Satu mobil ini maksimal mengcover untuk dua kecamatan, kalau mobilnya ada delapan unit, di dua kecamatan ada satu mobil, misalnya satu mobil untuk dua kecamatan yang berdekatan seperti Sukarami dan Alang-Alang Lebar, atau IT I dan Kemuning,” ujarnya.

Baca:  Lampu Jalan Dicabut Selama Pembangunan LRT

Sebenarnya, kebutuhan mobil crane ini sangat mendesak, mengingat saat ini 42 ribu titik lampu jalan yang tersebar di seluruh Kota Palembang. “Belum lagi tahun ini, kami akan menambah kembali lampu jalan sebanyak 2.678 yang tersebar di 18 kecamatan. Tahun lalu 3000 lampu disesuaikan dengan anggaran. Kita fokuskan ke jalan perumahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, PRKP kota Palembang juga akan melakukan peremajaan dengan pemasangan lampu LED di jalan poros Veteran, Perintis Kemerdekaan, dan Jalan RE Martadinta. “Pemasangan lampu LED di jalan poros ini sebanyak 178 titik. Karena ke depannya di semua jalan poros akan kita pasang lampu LED dan tahun depan ditarget di Jalan Merdeka,” ujarnya.

Baca:  Lampu Di Jalur LRT 55 Watt

Selain pemasangan lampu jalan dan lampu LED, Dinas PRKP Kota Palembang juga akan melakukan pemasangan lampu hias di beberapa titik Kota Palembang, diantarannya ada di kawasan RS Siti Khadijah, Tugu KB, dan beberapa titik pemasangan lampu hias lainnya.

Namun pihaknya tidak merinci berapa unit lampu hias yang akan dipasang. Hanya saja dijelaskan, pada setiap paket pemasangan lampu hias ada sebanyak 9 unit lampu hias. “Dana yang digunakan untuk pemasangan lampu hias ini berasal dari dana APBD dengan nilai Rp 630 juta. Sedangkan untuk pemasangan lampu LED sebesar Rp 114 miliar,” ujarnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

SKD Menuju SKB, BKN Tetapkan Empat Level Verifikasi

Palembang, BP — Demi menjaring peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sesuai regulasi dan ...