Home / Headline / Jalan Negara Di Sumsel Dan Jambi Berbeda Sangat Mencolok

Jalan Negara Di Sumsel Dan Jambi Berbeda Sangat Mencolok

BP/IST
Pimpinan DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dan Komisi IV DPRD Sumsel melakukan pertemuan dengan Komisi III DPRD Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, dalam rangka sharing informasi terkait kualitas jalan nasional di wilayah masing-masing.

Palembang BP

Pimpinan DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dan Komisi IV DPRD Sumsel melakukan pertemuan dengan Komisi III DPRD Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, dalam rangka sharing informasi terkait kualitas jalan nasional di wilayah masing-masing.

Rombongan DPRD Sumsel itu dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Sumsel Uzer Effendi bersama Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Hj RA anita Noeringhati dan anggota Komisi IV DPRD Sumsel.

Baca:  Bawaslu Sumsel Nilai Palembang Dan OKI banyak Potensial Pemilih Tidak Masuk DPT

Ketua DPRD Sumsel, Uzer Effendi mengatakan, terdapat perbedaan kualitas jalan nasional yang berada di Jambi dan Sumsel tepatnya di Kabupaten Muba.

“Ada perbedaan yang sangat mencolok jalan negara di Jambi dan yang masuk Provinsi Sumsel. Dimana kondisi jalan di Jambi bagus dan Sumsel kurang,” katanya, Minggu (3/6).

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati mengatakan,  memilih Jambi sebagai daerah diskusi karena Jambi dan Sumsel berdekatan dan jalan nasionalnya lebih bagus daripada Sumsel.

Baca:  Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Sumsel Belum Dimulai, Saksi Paslon No 4 Langsung Intrupsi

Kemudian kata Anita, diskusi juga untuk sharing informasi terkait jembatan timbang yang kewenangannya sudah diambil pemerintah pusat, padahal jembatan timbang itu bermanfaat untuk pemeliharaan jalan.

Menanggapi itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Isroni mengatakan,  tidak ada hal khusus yang membuat ada perbedaan jalan nasional di Jambi dan di Sumsel.

Baca:  Bawaslu Sumsel Buka Pendaftaran Pengawas TPS

Tapi menurutnya,  kondisi jalan tersebut dikarenakan kultur tanah dan daerah Sumsel sering dilewati kendaraan bertonase berat sehingga jalan cepat rusak.

“Tidak ada yang khusus, semua penanganan dilakukan oleh pemerintah pusat. Tapi mungkin kultur tanah di wilayah Jambi lebih keras dibandingkan Sumsel, sehingga kekuatan jalan bisa bertahan lama, dan diperlukan pengawasan di lapangan” kata Isroni.

Angota Komisi III DPRD Jambi lainnya, Wiwid Iswara mengatakan,  jalan nasional di Tempino yang berbatasan dengan Sumsel sepanjang 15 kilometer.

“Jika dilihat historisnya memang struktur pengerasan mungkin berbeda karena kultur tanahnya juga berbeda dan jumlah kendaraan yang melewati jalan nasional di Sumsel juga padat sehingga jalan cepat rusak,” kata Wiwid menambahkan.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Siswa OI Antusias Lawatan Sejarah

Palembang, BP Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah (MGMP) sejarah kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan ...