Home / Headline / Warga Nigeria Menipu Lewat Facebook

Warga Nigeria Menipu Lewat Facebook

Tiga pelaku penipuan diamankan di Mapolda Sumsel. BP/HAFIDZ

Palembang, BP–Anthony Chukwuebuka alias Ebuka (32) yang berkewarganegaraan Nigeria diamankan polisi karena diduga melakukan penipuan lewat jejaring sosial Facebook.

Pelaku diringkus anggota Unit Jatanras, Subdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel dari persembunyian nya di Apartemen Gate Way, Bandung, Jawa Barat.

Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara melalui Kanit III Kompol Ahmad Bakhtiar mengatakan, kejadian ini berawal dari pesan di Facebook Ebuka kepada korban NLP Sunadiasih, warga Palembang.

Baca:  Tergiur Masuk PNS, Dewi Tertipu Rp90 Juta

Dalam pesan tersebut, tersangka mengaku bernama Steven Weedon yang merupakan tentara Inggris bertugas di Afghanistan selama tiga tahun dan akan segera mengakhiri masa tugasnya.

Selama bertugas, kepada korban tersangka mengaku telah mengumpulkan uang sebanyak 1 juta dollar AS, namun tidak bisa dibawa pulang ke negaranya dan akan memberikan kepada korban.

“Tersangka sendiri menjanjikan akan mengirimkan uang tersebut melalui pelabuhan di Batam,” kata AKBP Yoga saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolda Sumsel, Kamis (31/5).

Sesampainya di Pelabuhan Batam, tersangka menghubungi korban, mengatakan jika paket uang tersebut tertahan di pelabuhan oleh pihak Bea Cukai.

Baca:  Diduga Tipu Keluarga Sendiri

Untuk melepaskan paket tersebut tersangka meminta korban mentransfer uang Rp50 juta ke rekening Neng Rahmawati dan Juladi Boga Siagian.

Setelah ditransfer oleh korban, tersangka kembali meminta uang untuk kompensasi dan pembuatan dokumen. Namun saat itu korban baru sadar bahwa ia telah menjadi korban penipuan dan melaporkan kejadian tersebut ke Mapolda Sumsel.

Atas pengaduan tersebut, penyidik mulai melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi jika tersangka berada di Jakarta Timur. Namun, saat dilakukan penggerebekan ternyata pelaku sudah pergi.

Baca:  Ditipu Masuk Polisi, Rp280 Juta Raib

Kemudian polisi kembali mendapatkan informasi bahwa tersangka berada di Bandung. “Kami menangkap tersangka berikut dua perempuan pemilik rekening yang juga merupakan komplotan mereka,” ujarnya.

Bersama ketiga tersangka pihaknya mengamankan barang bukti delapan unit ponsel, dua buah flashdisk berisi data korban penipuan, dua unit laptop dan enam buku tabungan milik Rahmawati.

“Untuk saat ini para tersangka masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan atas perbuatan tersebut para pelaku akan dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP,” ujarnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...