Home / Headline / Tiga Penumpang Tinggal Jasad, Jurumudi Speedboat Jadi Tersangka

Tiga Penumpang Tinggal Jasad, Jurumudi Speedboat Jadi Tersangka

Petugas Basarnas saat mengevakuasi jasad penumpang Speedboat Rahendra Putra yang hilang, Jumat (1/6).

Palembang, BP–Tiga penumpang Speedboat Rahendra Putra yang hilang ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Tim gabungan masih mencari satu korban lainnya.

 Tiga korban ditemukan dalam dua waktu yang berbeda. Yang pertama Suparman (27) ditemukan di lokasi kejadian, Kamis (31/5) sekitar pukul 21.35. Kedua, Hj Jubaidah (43) ditemukan di sekitar proyek pembangunan Jembatan Musi IV satu jam kemudian.

Tim gabungan kembali menemukan satu korban lagi, yakni H Abdul Hamid (46), yang merupakan suami dari Hj Jubaidah. Jenazah Abdul Hamid ditemukan mengapung di perairan Pulau Borang, Banyuasin atau sekitar 20 kilometer dari lokasi tabrakan, Jumat (1/6) pukul 7.30.

Humas Basarnas Palembang Rio Taufan mengatakan, penemuan mayat ketiga korban hasil dari pencarian tim dibantu keluarga. Ketiganya dalam posisi mengapung dan tubuhnya masih utuh.

Baca:  Civic dan Ninja Beradu Kambing, Karyawan PT Pos Tewas

“Dari empat korban hilang, tiga sudah ditemukan. Satu korban yang masih dicari bernama Hanifah, sesuai laporan keluarga,” ujarnya, Jumat (1/6).

Selanjutnya, tiga jenazah korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk keperluan visum. Tim saat ini masih menyisiri Sungai Musi untuk mencari satu korban lainnya.

Sementara itu, Direktur Pol Air Polda Sumsel Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan, setelah pemeriksaan intensif, serang speedboat Rahendra Putra, Rachmat Herdiansyah (29) sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik menemukan dua unsur kelalaian sehingga menyebabkan adanya korban jiwa. Unsur pertama yang dilanggar tersangka adalah minimnya kelengkapan keamanan di kapal.

Baca:  4 Orang Sekeluarga Tewas Isap Gas Beracun

Sebab, ditemukan hanya dua jaket pelampung yang terdapat di kapal itu. Padahal, kapal tersebut mampu mengangkut 25 orang. “Serang berinisial RH sudah jadi tersangka. Dia lalai sehingga menyebabkan penumpangnya tewas akibat tabrakan,” katanya.

Kelalaian kedua, Imam melanjutkan, pengemudi tak bisa menghindari tabrakan. Hal ini dilihat dari hasil olah TKP bahwa speedboat tersebut yang menabrak belakang Speedboat Lima Saudara.

“Walaupun Speedboat Lima Saudara yang menyalip, tapi kapal dikemudikan tersangka yang menabrak dari belakang sampai naik. Mestinya tersangka bisa menghindarkan kapalnya, setidaknya mengerem,” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan juga, penumpang yang diangkut tersangka melebihi kapasitas. Diketahui, sebanyak 35 penumpang yang dibawanya dari batas maksimal 25 orang.

“Tersangka menurunkan beberapa penumpang sebelum tabrakan. Saat kejadian itu tersisa 28 penumpang, itupun sudah berlebih,” paparnya.

Baca:  Septa Tewas Oleh Pisau Sendiri

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Sementara pengemudi Speedboat Lima Saudara berinisial DM masih berstatus sebagai saksi dan akan ditentukan kemudian status hukumnya.

“Dumyati dan dua kernet tersangka sudah dipulangkan, tapi kasusnya tetap didalami. Apakah ada kemungkinan jadi tersangka, kita lihat nanti,” tandasnya.

Diketahui, Speedboat Rahendra Putra bertabrakan dengan Speedboat Lima Saudara di Sungai Musi, tepatnya di sekitaran Jembatan Ampera Palembang, pada Rabu (30/5).

Akibat kejadian itu, dua penumpang speedboat Rahendra Putra tewas di sekitar lokasi kejadian dan empat lainnya hilang. Diberitakan sebelumnya, Speedboat Rahendi Putra yang mengangkut 35 penumpang bertabrakan dengan Speedboat Lima Saudara berpenumpang tujuh orang di Sungai Musi Palembang. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Aksi Pungli Harimau Jalanan Diduga Dibekingi Polisi

Palembang, BP–Aksi pungli kelompok yang mengatasnamakan Harimau Jalanan disebut dibekingi oknum anggota polisi berpangkat Aipda berinisial E yang berdinas di ...