Home / Headline / Polisi Muaraenim Panen Senpi Rakitan

Polisi Muaraenim Panen Senpi Rakitan

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juono menunjukkan senpira yang diamankan dalam tiga pekan terakhir.BP/RUL

Muaraenim, BP–Hasil operasi selama tiga pekan terakhir, Polres Muaraenim dan jajaran mengamankan ratusan pucuk senjata api rakitan (senpira), baik dengan tindakan kepolisian mapun penyerahan dari masyarakat.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juono didampingi Kabag Ops Kompol Irwan Andeta serta Kasat Reskrim AKP Willian Harbensyah mengatakan ada sebanyak 197 pucuk senpi rakitan yang diamankan dalam operasi selama tiga minggu terakhir.

“Sebagian besar senjata api penyerahan dari masyarakat, selama ini dipakai untuk menjaga kebun dari serangan hama babi,” ujar AKBP Afner saat gelar hasil ungkap kasus, Kamis (31/5).

Baca:  1.467 Pistol Dimusnahkan Dengan Mesin Gerinda

Terkait masih banyaknya jumlah senjata api yang beredar, dirinya merasa cukup heran, padahal tiap tahun terus dilakukan razia. “Kita harapkan, dengan operasi ini masyarakat menjadi lebih sadar akan bahaya dari kepemilikan senjata api dan menyerahkannya agar dimusnahkan,” harapnya.

Sebab menurutnya, ancaman hukuman atas kepemilikan senjata api tidak lah main-main. Karena dalam Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 pemilik senjata api ilegal bisa dihukum dengan pidana penjara selama 20 tahun.

Baca:  Miliki 5.758 Butir Peluru Aktif, Pensiunan Polisi Ditangkap

Selain itu, meski wilayah Muaraenim dan PALI tidak termasuk dalam peta rawan tindakan kriminal, namun pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan dan penertiban kepemilikan dan produksi senpira.

“Kita mengimbau bagi masyarakat yang masih menyimpan atau memiliki untuk segera menyerahkan dan begitu juga bagi yang mengetahui bisa segera melapor,” imbuhnya.

Terkait bahwa wilayah Muaraenim sebagai salah satu sentra produksi senjata api rakitan, Kapolres tak menampik, namun menurutnya bila dibandingkan dengan Kabupaten OKI, maka kualitas serta kegunaan jauh lebih aman di Muaraenim.

Baca:  Sumsel Darurat Senjata Api

“Kalau kualitas jauh lebih bagus yang ada di OKI. Tapi itu tidak menjadi alasan kita untuk lengah dalam hal pengawasan. Kebanyakan juga keahlian pembuatan senpira didapat masyarakat secara turun temurun,” tandasnya.

Sementara itu untuk pemusnahan senpira yang berhasil diamankan kali ini, ia menambahkan akan dilakukan secara serentak bersama hasil ungkap kasus daerah lain di Mapolda Sumsel. #nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Deklarasi damai Pemilu Legislatif di kambang iwak

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar deklarasi damai untuk pemilu legislatif 2019. Ketua KPU Sumsel ...