Home / Headline / Wujudkan Pilkada Berkualitas

Wujudkan Pilkada Berkualitas

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana rapat koordinasi (Rakor) pengawasan partisipatif dengan turut melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait di Hotel Santika Premiere Palembang, Senin (28/5) malam.

Palembang, BP
Meski pelaksanaan pilwako masih menyisakan beberapa pekan lagi, berbagai upaya untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas di Kota Palembang oleh Panwaslu Kota Palembang.
Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengawasan partisipatif dengan turut melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait.
“Jika masyarakat sudah ikut terlibat secara aktif dalam pengawasan pemilu, maka akan tercipta pilkada yang berkualitas dan dapat mencari pemimpin yang amanah,” kata Ketua Panwaslu Kota Palembang, M Taufik SE MSi di sela-sela pembukaan rakor di Hotel Santika Premiere Palembang, Senin (28/5) malam.
Dijelaskan Taifik, pelaksanaaan sosialisasi Pilkada juga terus dilakukan Panwaslu Kota Palembang. Dimana, kegiatan ini sendiri dimaksudkan sebagai upaya membangun partisipatif masyarakat dan stakeholder lainnya yang ada di Kota Palembang. Apalagi, Indonesia merupakan negara demokrasi.
Tentu saja Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun partisipasi masyarakat dan juga stakeholders lainnya. Sehingga audah selayaknya rakyat atau warga Palembang menjadi elemen penting dalan proses pemilihan penimpin di kota ini.
” Karena itu, kami juga terus berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan upaya pencegahan terhadap pelanggaran pemilu. Baik dilakukan kandidat, tim sukses (Timses) atau simpatisan serta pegawai negeri sipil (PNS). Untuk itu, kami juga libatkan masyarakat melalui sosialisasi ini. Kita juga ingin melakukan pemetaan dengan indeks kerawanan pemilu untuk meminimalisir pelanggaran yang sedang dan akan terjadi,” katanya.
Sementara itu, Anggota Bawaslu Sumsel Divisi Penanganan Pelanggaran, Iwan Ardiansyah mengungkapkan, dari kegiatan seperti ini, paling tidak akan menjadi langkah strategis dalam upaya minimalisir pelanggaran yang akan terjadi. Baik itu pada masa kampanye, masa tenang hingga hari pencoblosan tanggal 27 Juni mendatang. Jadi, sebagai masyarakat tentunya memiliki kewajiban yang sama untuk mewujudkan pilkada yang berkualitas, aman, damai dan suasana di Kota Palembang akan tetap kondusif.
“Semua memiliki kewajiban bersama untuk menciptakan iklim dan suasana yang kondusif di Palembang. Terlebih lagi, Sumsel akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games. Tentu saja ini juga akan memberikan preseden buruk bila pilwako ini berjalan tidak aman. Saya harap, semua memiliki kesamaan visi dan misi untuk mewujudkan pilkada yang berkualitas dan berintgritas,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mendagri Akui Tak Tahu Soal Jadwal Pelantikan Herman Deru-Mawardi

Palembang, BP Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengakui pihaknya tidak tahu tentang jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel ...