Home / Headline / KPU Sumsel Sosialisasi Pemilih di Kawasan Gunungan Sampah

KPU Sumsel Sosialisasi Pemilih di Kawasan Gunungan Sampah

BP/IST
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan melakukan sosialisasi pemilih di kawasan pembuangan sampah di TPA Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya Kecmatan Sukarami, Palembang, Jumat (25/5).

Palembang, BP

Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota se Sumsel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan melakukan sosialisasi pemilih di kawasan pembuangan sampah di TPA Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya Kecmatan Sukarami, Palembang, Jumat (25/5).
Dihadapan ratusan pemulung dan warga kelurahan Suka Jaya, Komisioner KPU Sumsel Devisi Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Ahmad Naafi mengatakan, menyalurkan pilihan merupakan hak masyarakat untuk menentukan siapa pemimpin daerah ke depan.
“Nasib daerah ini ada ditangan bapak ibu semua, pilihlah pemimpin yang bisa membawa perubahan, pemimpin yang mempunyai program sesuai dengan kebutuhan mayarakat. Jangan memilih karena money politik atau iming-iming uang,” katanya.
Di juga mengingatkan pada msyarakat agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan politik pribadi atau kelompok.
“Jangan mau bila ada yang mengajak mencoblos dua kali, atau menyuruh orang yang tidak punya hak pilih untuk mencoblos. Akibatnya fatal, bisa dipenjara,” kata mantan jurnalis tersebut.
Dalam sosialisasi itu Naafi memberikan pemahaman singkat pada masyarakat tentang tahapan pemilihan dan tata cara pencoblosan. Mulai dari datang ke TPS, cara mendaftar, cara mencoblos yang sah dan mencelupkan tinta usai pencoblosan.
“Luangkan waktu pada 27 Juni 2018 nanti untuk mencoblos. Ingat 5 D di TPS, datang, daftar, duduk, dicoblos, dimasukkan lalu dicelup,” katanya.

Baca:  PWI Dan Diskominfo Sumsel Sinergikan Program Kerja

Sementara Ketua RW 10 Kelurahan Sukajaya, Johan, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Dia berharap dapat meluruskan pemahaman warga akan pentingnya menyalurkan hak pilih. “Mudah-mudahkan saya pencoblosan nanti semua warga kami datang ke TPS,” harapnya.
Dari pantauan penulis, masyarakat di sekitar gunungan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sulawinatan sangat antusias mengikuti sosialisasi. Merak jug aktif ketika sesi tamu jawab dengan nara sumber.

Baca:  Aswandi Asgap Serampoe Dan Firasgo Jaya Santika Jadi Anggota DPRD Sumsel PAW

“Kami berterima kasih tim dari KPU mau datang, setidaknya kami merasa di perhatikan meski tinggal di kawasan sampah,” ujar Sanusi (47) warga setempat.#osk/rel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

APBD Sumsel 2020 Diprediksi Meningkat

Palembang, BP Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) M Yansuri memprediksi ABPB Provinsi Sumsel 2020 akan terjadi peningkatan. “ Besarnya ...