Home / Pendidikan / Patani Beri Penghargaan Kemas AR Panji Sosok Penggali Sejarah 

Patani Beri Penghargaan Kemas AR Panji Sosok Penggali Sejarah 

(Direktur Patani Sumsel Sarjan Tahir saat memberikan penghargaan Tokoh Penggali Sejarah kepada Kemas AR Panji pada acara Festival Panti Asuhan dan Penghargaan Tokoh Patani di PSCC)

Palembang, BP
Berangkat dari kepedulian akan sejarah dan keaktifannya menggali informasi tentang sejarah yang ada di Bumi Sriwijaya, Kemas Ar Panji dinobatkan oleh Pandu Tani Indonesia (Patani) sebagai tokoh Penggali Sejarah 2018.
Penobatannya tersebut juga dibarengi dengan berbagai penghargaan tokoh lain dari berbagai kategori yang dilakukan Patani Sumsel sebagai ajang tahunan yang kali ini digelar di Gedung Palembang Sport Convention Center (PSCC) dalam rangkaian Festival Panti Asuhan dan Penghargaan Tokoh di Sumsel, Minggu (27/5).
 Mulai dari tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh pemerhati tanah adat suku rimba, tokoh penggerak pedesaan dan lainnya.
“Sebenarnya masih banyak tokoh-tokoh lain yang berhak untuk mendapatkah penghargaan Tokoh Penggali Sejarah. Tapi saya yakin panitia dan Patani Sumsel mempunyai penilaian tersendiri kepada saya,” ujar Kemas AR Panji usai mendapat penghargaan.
Lanjut dia, selama ini hanya melakukan berbagai kegiatan penelusuran sejarah di Kota Palembang secara rutin. Baik dalam bentuk observasi maupun dalam bentuk tulisan. Kendati demikian, dia sempat tidak menyangka terpilih sebagai penerima penghargaan yang terbilang bergengsi tersebut.
Ari mengaku, dengan penghargaan tersebut jelas akan memacu dirinya sebagai penggali sejarah agar lebih aktif dalam aktifitas yang berkaitan dengan bidang sejarah baik yang ada di Kota Palembang maupun di Provinsi Sumsel pada umumnya.
“Hari Jumat (26/5) saya ditelpon panitia dan diminta isi biodata karena dinobatkan sebagai salah satu orang yang mendapatkan penghargaan dari Patani kategori penggali sejarah. Saya terkejut bercampur senang mendengar kabar baik ini,” jelas Pembina Komunitas Sejarah Palembang ini.
Ditambahkan dosen Fakuktas Adab dan Humaniora UIN Raddn Fatah Palembang ini, penghargaan tersebut dipersembahkan untuk seluruh para penggerak dibidang sejarah. Dia berharap, tahun depab ada tokoh sejarah lainnya yang juga mendapatkan penghargaan sebagai tokoh penggali sejarah.
Sementara itu, Direktur Patani Sumsel, Sarjan Tahir mengatakan, ada 10 kategori penghargaan yang diberikan kepada bsrbagai tokoh di Sumsel yang dinilai ikut berkontribusi dan peduli membangun sektor pedesaan di Sumsel  baik dalam bidang sosial dan ekonomi.
 “Kita ingin memberikan motivasi kepada tokoh ini untuk bersinergi menggerakkan ekonomi di Sumsel,” ucapnya.
Lanjut Sarjan Tahir, bahwa bentuk apresiasi ini menjadi ajang tahunan yang dibarengi dengan Festival Panti Asuhan di bulan Ramadan untuk mengapresiasi dan memberi penghargaan bagi mereka yang berkontribusi penuh sesuai dengan kategori yang diberikan oleh Patani Sumsel. #sug
Berikut daftar tokoh maayarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) penerima penghargaan Pandu Tani Indonesia 2018. 
1. Dr Muhammad Erwin, S.H, M.Hum dari unsur akademisi menerima oenghargaan kategori tokoh pemerhati tanah adat suku rimba.
2. Dr Firman Fredy Busron, SH, M.Hum dari menerima penghargaan kategori tokoh pendidikan.
3. Ir. H. Heri Amalindo, MM sebagai tokoh penggerak pengembangan perdesaan berbasis pertanian modern. 
4. Kemas Ari Rachman Panji, S.Pd, M.Si menerima penghargaan kategori tokoh penggali sejarah. 
5. Ricky Perdana, ST penerima penghargaan kategori tokoh penggerak sosial dan pengembangan pemuda.
6. Atriadi ,S.Sy penerima penghargaan kategori tokoh penggerak sosial dan kemasyakatan. 
7. Kiagus H Ahmad Sarnubi penerima penghargaan kategori tokoh agama. 
8. S Soetato Amidjojo penerima penghargaan kategori tokoh pendidikan dab pengembangan generasi muda. 
9. Wirawan Rusdi Rasyid penerima penghargaan kategori tokoh pelestarian budaya. 
10. Legiman penerima penghargaan kategori tokoh penggerak pertanian perkotaan. 
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

UIN Ajak Mahasiswa Tanamkan Cinta Al Quran

Palembang, BP Momen bulan suci Ramadan menjadi ajang berlomba-lomba kebaikan seluruh muslim dunia. Beragam cara dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai ...