Home / Headline / Dihantam Kapal Tongkang, Jurumudi Kapal Tewas Tenggelam

Dihantam Kapal Tongkang, Jurumudi Kapal Tewas Tenggelam

Tim SAR mengevakuasi jasad Berlian yang tenggelam di Sungai Musi. BP/HAFIDZ

Palembang, BP–Setelah dilakukan pencarian sekitar 12 jam, akhirnya jasad Berlian (50) ditemukan di dasar Perairan Sungai Musi, Kecamatan Gandus Palembang oleh tim SAR dan warga, Minggu (27/5).

Sebelum menghilang, Berlian yang merupakan jurumudi ketek –perahu angkutan orang– telah menjadi korban kecelakaan lalu lintas di Perairan Sungai Musi, Kecamatan Gandus Palembang, Sabtu (26/5) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat itu Berlian hendak bersandar di Dermaga PT Hoktong untuk menjemput sejumlah pegawai pabrik yang sudah menjadi langganannya.

Baca:  Buruh Sawit Pukul Kepala Atasan Hingga Tewas

Namun sebelum sampai ke pinggiran dermaga, tiba-tiba datang sebuah kapal ponton atau tugboat merk Sabar Jaya yang datang dari arah Musi II dengan tujuan Pulokerto, Gandus.

Saat itu juga tugboat yang menggandeng kapal tongkang itu langsung menghantam ketek milik Berlian dan diduga karena suasana gelap dan sedang bersiap bersandar membuat Berlian tak sempat menghindar.

Setelah tertabrak kapal, ketek Berlian langsung karam dan tenggelam. Sementara menurut warga sekitar, Berlian tak terlihat dan diduga ikut tenggelam dan terbawa arus sungai serta warga sekitar sempat melakukan pencarian, namun tak berhasil.

Baca:  Cekcok Soal Janji yang Belum Dipenuhi, Tewas Dihujani Tusukan

Mendapatkan laporan adanya warga yang hilang di Perairan Sungai Musi, tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Palembang langsung ke lokasi.

Tim SAR yang dipimpin Kasi Operasional Inarwan, mengerahkan personelnya guna melakukan penyisiran. Tim AR juga dibantu petugas Polair Polda Sumsel, Polsek Gandus, anggota TNI dan warga sekitar.

Tim SAR cukup kesulitan melakukan pencarian dengan kondisi arus sungai yang deras. Namun dengan sistem penyisiran dengan radius yang sudah ditentukan, akhirnya jasad korban ditemukan.

Baca:  Perkelahian Maut, Satu Tewas Satu Luka Berat

Kondisi jasad Berlian ditemukan tim SAR gabungan, tampak ada luka pada punggung korban. Diduga luka itu terkena besi kapal yang membuat korban sontak pingsan dan tenggelam.

Kasi Operasional Basarnas Palembang Inarwan didampingi Tim Rescue Alfian mengatakan, jasad korban ditemukan tak jauh dari lokasi kecelakaan. Setelah ditemukan, jaad korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka.

“Pencarian dengan sistem circle menggunakan peralatan dan perlengkapan yang kita miliki, dilakukan dua kali mulai pukul 5.30. Akhirnya setelah penyisiran pada siang harinya, korban ditemukan dengan bantuan warga sekitar,” ujarnya. # idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cawagub Selingkuh Tak Layak Dipilih

Jakarta, BP–Masyarakat Sumatera Selatan diharapkan lebih cerdas dalam memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Di antaranya, dengan tidak memilih ...