Home / Headline / Duta KPU Sumsel Dibekali Simulasi Pencoblosan dan Perhitungan Suara

Duta KPU Sumsel Dibekali Simulasi Pencoblosan dan Perhitungan Suara

BP/IST
Duta KPU Sumsel diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) mekanisme pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) oleh KPU Sumsel di sekretariat KPU Sumsel, Kamis (20/5) lalu.

Palembang, BP

Guna menambah pemahaman dan teknis pemilihan, Duta KPU Sumsel diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) mekanisme pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) oleh KPU Sumsel di sekretariat KPU Sumsel, Kamis (20/5) lalu.

Sebelum simulasi, para finalis Duta KPU tersebut dibekali materi tentang mekanisme dan perlengkapan pencoblosan oleh komisioner KPU Sumsel Devisi Teknis, Liza Lizuarni dan Tim Teknis Hupmas sekretariat KPU Sumsel Muhammad Idrus.
Liza Lizuarni menjelaskan, semua masyarakat yang telah mendapat hak pilih, harus membawa surat undangan pencoblosan dan KTP elektronik.

Baca:  PBB Palembang Buka Pendaftaran Caleg

“Asalkan ada E KTP elektronik, pemilih yang tidak masuk DPT masih bisa menyalurkan hak pilih, namun memilihnya harus di TPS sesuai alamat di KTP dan baru bisa dilayani pukul 12.00 wib,” katanya, Kamis (24/5).

Sementara itu, Idrus menambahkan, usai pencoblosan, lembar C1 atau berkas perhitungan suara harus menjadi perhatian khusus. Bila terjadi perselisihan suara, lembar C1 inilah yang akan menjadi acuan. “Data C1 merupakan data paling awal saat perekapan surat suara dari pemilih,” katanya.

Baca:  Gubernur Sumsel Berduka Atas Meninggalnya Amsin

Usai mendapat materi, para Duta KPU tersebut langsung melakukan simulasi pemilihan sura. Mereka berbagi tugas berperan sebagai petugas KPPS, saksi dan pemantau yang bertugas di tempat pemilihan. Mulai dari pendaftaran pemilih, pencoblosan hingga perhitungan surat suara.

Usai kegiatan, Komisioner KPU Sumsel Liza Lizuarni mengatakan, melalui simulasi ini diharapkan para duta KPU yang telah terpilih bisa faham lebih detil tentang mekanisme pemilihan. “Simulasi ini menjadi modal bagi Duta KPU dalam bertugas, karena selain memberikan pemahaman warga untuk menyalurkan hak pilih, sebgai Duta KPU, mereka juga menjadi rujukan masyarakat terkait persoalan pemilihan,” katanya.

Baca:  Tuntutan PSU Hal Yang Wajar

Mendapat tambahan ilmu dari Bimtek tersebut Duta KPU Sumsel Evlin Sabrina menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan. “Dengan praktek langsung, kami bisa tahu lebih detil tentang pemiliham. Ini juga menjadi acuan kami dalam bertindak bila saat pelaksaan nanti terjadi persolan,” katanya. #Osk/rel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...