Home / Headline / Di Bawah Kepemimpinan H Alex Noerdin, Sumsel Jadi Provinsi yang ‘Bercahaya’ dan Maju Pesat

Di Bawah Kepemimpinan H Alex Noerdin, Sumsel Jadi Provinsi yang ‘Bercahaya’ dan Maju Pesat

BP/DUDY OSKANDAR-Mendagri Tjahyo Kumolo memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Palembang, BP–Rapat Paripurna Istimewa XIX DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka memperingati hari jadi ke-72 Provinsi Sumsel tahun 2018 di ruang rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Rabu (23/5) berjalan hikmad.
Raat paripurna di pimpin Plt Ketua DPRD Sumsel Uzer Effendi didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel, juga hadir Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
Selain itu ikut hadir anggota DPR RI, Wasista Bambang Utoyo, Fauzi Amroh, Anggota DPD RI, Asmawati, Siska Marleni dan Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya serta para undangan.
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin mengatakan, Peringatan HUT Sumsel ke 72 tahun merupakan kesempatan terakhir dirinya sebagai Gubernur Sumsel untuk menyampaikan sambutan di acara ini.
Menurutnya, masa jabatannya berakhir tahun 2018 seiring berakhirnya RPJMD Sumsel tahun 2013-2018 yang mempunya visi Sumsel sejahtera, lebih maju dan berdaya sdaing internasional.
“Alhamdulilah syukur Allah SWT dan dengan kerja keras kita seluruh warga masyarakat Sumsel di 17 kabupaten dan kota , visi tersebut sudah terwujud pada saat Sumsel berumur 72 tahun,” katanya.
Sumsel sejahtera dapat dilihat dari berbagai pencapaian antara lain pertumbuhan ekonomi Sumsel 2017 sebesar 5, 51 persen ditegah ekonomi nasional dan internasional yang sulit, angka pertumbuhan tersebut lebih baik dari angka pertumbuhan ekonomi nasional5,07 persen.
Gili rasio mencapai 0,365 lebih baik dari nasional 0,391, angka gili rasio digunakan untuk menggambarkan kesenjangan ekonomi masyarakat di satu wilayah, semakin angkanya semakin kecil kesenjangan yang terjadi, artinya pembangunan di Sumsel cukup merata dan di nikmati seluruh masyarakat Sumsel yang tersebar di 17 kabupaten kota.
Selain itu prosentase penduduk miskin di Sumsel tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 13, 1 persen.
” Kita terus melakukan terobosan-terobosan mempercepat angka kemisinan tersebut melakui berbagai program antara lain bantuan untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam pembiayaan kesehatan melalui program berobat gratis dan pembiayaan pendidikan sebagai program sekolah gratis dan program kuliah gratis, selain itu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan penghasilan dan aset masyarakat miskin melalu bedah rumah, bantuan alat produksi, bantuan bibit, ternak dan lain-lain, diperlukan kerjasama semua stekholder untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan Sumsel,” katanya.

BP/DUDY OSKANDAR-Mendagri Tjahyo Kumolo memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Plt Ketua DPRD Sumsel Uzer Effendi

Selain itu, tingkat pengangguran terbuka tahun 2017 , 4,39 dibawah nasional mencapai 5, 50 persen dimana ini bukti pembangunan di Sumsel telah berhasil memperluas kesempatan kerja bagi masyarkat Sumsel.
“ Produksi domestik regional brutto atas dasar harga konstan perkapita, tahun 2017 sebesar 34,06 juta meningkat dari tahun 2016 sebesar 32,07juta,” katanya.
Untuk program sekolah gratis sampai kuliah gratis, bagi masyarakat tidak mampu, dengan angka partisipasi kasar perguruan tinggi meningkat siknifikan, dimana tahun 2012 sebesar 13 persen, menjadi 41, 56 persen tahun 2017.
Usia harapan hidup Sumsel meningkat dari 69,16 tahun 2016 menjadi 69, 18 tahun 2017 .Alex mengatakan jika Sumsel selama ini dikenal sebagai provinsi zero konflik dan berbagai keberhasilan lainnya dengan melibatkan TNI/Polri dan masyarakat.
Selain itu Sumsel berhasil menarik dana APBN, pernyertaan modal negara dan partisipasi swasta untuk pembangunan infastruktur strategis di Sumsel lebih dari Rp70 triliun dalam 2 tahun terakhir.
“ Pembangunan empat ruas jalan tol, dua jembatan Musi, Fly Over , Undrpass, penambahan kapasitas Bandara SMB II,” katanya.
Pembangunan lainnya seperti penambahan daya listrik dan air, program pencegahan banjir di kota Palembang, rumah sakit dan Light Trail Transit (LRT).
“Selama 4 tahun pelaksanaan RPJMD sampai saat ini sudah diterima 134 penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Artinya, rata-rata tiap tahun diterima 32 penghargaan atau tiap 1 sampai 2 minggu sekali Sumsel menerima penghargaan, ini menjadi bukti nyata keberhasilan pembangunan Sumsel,” tegasnya.

Baca:  KPU Sumsel Tetapkan Dapil Untuk DPRD Provinsi Dan Kabupaten Kota

Lanjut Alex, tahun 2018 menjadi tahun terberat yang harus dilalui Provinsi Sumsel selain karena adanya Pilkada serentak juga karena adanya event Internasional Asian Games XVIII yang menjadi taruhan bagi Sumsel dalam membawa nama baik bangsa Indonesia dimata dunia.

“Tiga hal penting yang menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games, Pertama karena Sumsel kondusif, dikenal zero konflik, kedua berpengalaman menyelenggarakan event internasional dan ketiga Sumsel memiliki infrastruktur dan fasilitas olahraga berstandar internasional. Tiga hal ini sangat penting dan harus selalu kita jaga bersama,” kata Alex.
Sedangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai semua stakeholder di pemerintahan Sumsel telah berhasil membangkitkan Kejayaan Sriwijaya sejak 72 tahun terbentuknya Provinsi Sumsel. Di usianya ke 72 tahun Sumsel diakuinya telah berhasil menjadi daerah terpandang bukan hanya di Indonesia namun juga terpandang di mata dunia internasional.

Baca:  H Alex Noerdin Maju Di Dapil Sumsel II, Ishak Di Sumsel I

“Sebagai Provinsi olahraga, budaya, pariwisata, perdagangan, industri dan lainnya, Sumatera Selatan telah menjadi Provinsi terpandang bukan hanya di Indonesia bahkan terpandang dimata dunia Internasional. Selain itu, bentuk memperkuat otonomi daerah telah dilakukan Provinsi Sumatera Selatan khususnya sejak 10 tahun terakhir dibawah kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin,” katanya.
Mendagri Tjahjo Kumolo menambahkan, peringatan hari jadi Provinsi Sumsel ke-72 ini menambah jumlah peringatan hari jadi daerah yang didatanginya langsung sejak menjabat sebagai Mendagri. ” Ini menjadi yang ke-29 kalinya saya hadir pada peringatan hari jadi daerah-daerah di Indonesia,” ujarnya.
Dia juga memuji keberhasilan dan pencapaian Provinsi Sumsel yang kini mengalami kemajuan pesat di bawah kepimpinan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.
Menurut Tjahjo, Sumsel merupakan provinsi yang ‘bercahaya’ bukan hanya di Sumatera tapi secara nasional. Dia menilai Sumsel mengalami kemajuan yang pesat tidak hanya secara fisik semata, melainkan juga pertumbuhan ekonomi yang berada diatas rata-rata nasional.

“Saya kira impian pak Alex yang memimpin Sumsel 10 tahun ini untuk mewujudkan Sumatera Selatan dari sisi peningkatan sumber daya alamnya, sumber daya manusianya, mempercepat pemerataan pembangunannya, kesejahteraan rakyat sampai mewujudkan ikon provinsi olahraga yang punya sarana berstandar intenasional dan pelayanannya serta RSUD nya sudah diwujudkan dengan baik,” kata Tjahjo.
Lanjut Mendagri, Hari jadi Provinsi Sumsel menjadi momentum yang baik bagi pelaksana dan pengambil kebijakan untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan selama 72 tahun Sumsel.

“Seperti yang disampaikan pak Alex (Gubernur Sumsel), ada 134 penghargaan yang diterima Sumatera Selatan sejak 4 tahun terakhir, ini menjadi bukti prestasi kerja pemerintah Sumatera Selatan. Banyaknya penghargaan selama kepemimpinan Gubenrur, itu bukan hanya untuk pak Alex, tetapi menjadi penghargaan untuk seluruh masyarakat Sumsel,” katanya.
Plt Ketua DPRD Sumsel Uzer Effendi mengatakan, tema peringatan hari ulang tahun provinsi Sumatera Selatan (Sumsel yang ke72 tahun 2018. “Dengan semangat hari jadi ke 72 mari kita sukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 dan Asian Games XVIII
Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nomor 5 Tahun 2007 tentang hari jadi provinsi Sumatera Selatan, dimana telah dlterapkan bahwa setiap tanggal 15 mei merupakan hari jadi provinsi Sumatera Selatan.
“Pada peringatan ulang tahun provinsi Sumatera Selatan yang ke72 ini, merupakan peringatan ke 12 kalinya kita peringati secara bersama-sama, mari kita jadikan peringatan ini sebagai wahana refleksi, evaluasi dan instrospeksi untuk menilai apa yang telah kita lakukan selama ini, dan apa langkah-langkah kita di massa yang akan datang untuk meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan, ketentraman dan keamanan bagi masyarakat sumatera selatan khususnya dan rakyat indonesia pada umumnya,” katanya.
Selama usia 72 tahun , dia melihat Sumsel menampakkan hasil sebagaimana yang dicita~ citakan. Sudah banyak even-even internasional yang dilaksanakan di provinsi Sumatera Selatan seperti Sea Games yang telah dilaksanakan dengan sukses, begitu juga dengan perhelatan Islamic Solidarity Games, Konferensi Parlemen Negara-Negara Islam di dunia, MTQ tingkat dunia di Sumatera Selatan pekan olahraga tingkat mahasiswa se Asean, kejuaran tinju dunia piala presiden, dan pada tahun 2018 provinsi Sumatera Selatan terpilih sebagai salah satu tempat perhelatan internasional penyelenggaraan Asian Games ke XVIII.
Dan sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games, untuk mensukseskan kegiatan tersebut perlu didukung sarana dan prasarana dan infrastruktur yang baik. alhamdulillah pada tanggal 30 april 2015 yang lalu, presiden Republik Indonesia telah meletakkan batu pertama pembangunan jalan tol Palembang Indralaya sepanjang lebih kurang 34 kilometer, jalan ini merupakan jalan penghubung menuju jalan tol trans Sumatera yang direncanakan sepanjang 2.700 km.
“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita patut bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang stinggi-tingginya kepada gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Selatan serta para mantan gubernur, bupati maupun walikota se-Sumatera Selatan yang telah memimpin daerah ini untuk terus memajukan dan mengembangkan Sumatera Selatan. Penghormatan dan ucapan yang sama pula saya sampaikan kepada para pemimpin yang pernah mengabdikan dirinya didaerah ini baik ditingkat provinsi, kabupaten dan kota di sumatera selatan, juga para tokoh masyarakat, politisi, Cendekiawan, akademisi, kalangan dunia usaha, insan pers, tokoh wanita, tokoh pemuda, kalangan lsm, baik yang saat ini masih sempat hadir bersama kita maupun yang telah mendahului kita sekalian, atas pengabdian, sumbangan pemikiran, peran sertanya sehingga mencapai kondisi Sumatera Selatan yang lebih maju dari sebelumnya. Mereka telah banyak memberikan sumbangan pengabdian yang sangat berarti bagi kemajuan Sumsel,” katanya.
Diakhir acara, Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin .#adv

Baca:  Sumsel kantung Suara Gerindra

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Di Sumsel Dilantik

Palembang, BP Bawaslu RI mengumumkan Anggota Bawaslu Kabupaten – Kota se-Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih, masa jabatan 2018-2023. Pengumuman tersebut, tertuang ...