Home / Headline / LRT Sumsel Singgahi Dua Stasiun

LRT Sumsel Singgahi Dua Stasiun Uji Coba Dinamis Berjalan Mulus

Trainset LRT Sumsel dilakukan uji coba dinamis perdana dari Depo hingga Stasiun Jakabaring, Selasa (22/5) dini hari. BP/RIO

Palembang, BP–Satu trainset (rangkaian kereta) kereta api ringan atau dikenal light rail transit (LRT) Sumatera Selatan sudah melakukan uji coba dinamis yang dilakukan secara tertutup di Depo Jakabaring, Selasa (22/5) dini hari.

Uji coba dinamis ‘Sepur di Pucuk’ yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tersebut dilakukan mulai dari Depo hingga menyinggahi dua stasiun. Pertama melalui Stasiun OPI Mall dan berhenti dengan mulus di Stasiun Jakabaring bolak-balik.

Baca:  Maret, Bangun Jalur LRT Sungai Musi

Kepala Proyek LRT Sumsel Masudi Jauhari mengatakan, pengujian dinamis tersebut merupakan tahapan awal untuk melihat kesiapan fasilitas pendukung Asian Games yang akan digelar pada Agustus mendatang. Uji coba dinamis LRT sendiri berjalan mulus tanpa hambatan berarti.

“Uji kelistrikan dan pengeremannya berjalan lancar. Kereta kita uji pulang pergi dari Depo menuju Stasiun Jakabaring. Itu kurang lebih 900 meter,” kata Masudi.

Dikatakan, saat uji coba, kereta berjalan sekitar 10 menit. Namun lantaran baru diuji coba dinamis, maka persiapannya membutuhkan waktu berjam-jam. Bahkan, LRT baru bisa dijalankan hingga persiapan selesai sekitar pukul 03.00 dini hari.

Baca:  Progres LRT Capai 10 Persen

“Memang kalau jalannya hanya 10 menit. Akan tetapi persiapannya sampai selesai itu hingga pukul tiga pagi,” jelas dia.

Tahapan uji coba dinamis merupakan tes awal kelayakan LRT untuk melintas. Setelah itu kereta tersebut bakal diuji pengereman, kecepatan, akselerasi dan masih banyak lagi tes hingga dinyatakan layak melintas.

“Itu kan baru satu tahapan. Masih banyak tahapannya yang harus diuji. Semoga semuanya berjalan lancar sesuai harapan kita,” harap Masudi.

Manajer Humas – Protokoler PT INKA (Persero) Exiandri Bambang P menjelaskan, uji coba secara dinamis sengaja berlangsung tertutup untuk khalayak. Hal tersebut demi keselamatan masyarakat.

Baca:  Ini Konsekuensi Untuk Kenyamanan Jangka Panjang

Selain itu, kata dia, LRT Sumsel yang merupakan moda transportasi baru di Indonesia juga memakai arus listrik dari bawah tanah sebagai tenaga utama. Maka dari itu pihaknya enggan jika terjadi hal-hal tak diinginkan apabila uji coba dilakukan secara terbuka.

“Untuk itu uji coba dilakukan tertutup mengingat itu (LRT Sumsel-red) adalah transportasi baru. Apalagi arus listrik ada di bawah, bahaya untuk masyarakat umum. Setelah di tes jarak dekat dan sudah aman, maka uji coba akan dilangsungkan per zona hingga zona I Bandara SMB II,” pungkasnya. #adv

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Fluktuasi Harga Premium Bukan Pelanggaran Konstitusi

Jakarta, BP–Anggota MPR Satya W Yudha mengatakan, mengumumkan kenaikan harga premium yang kemudian dianulir Presiden dengan membatalkan kenaikan BBM jenis ...