Home / Headline / Harga Ayam Naik Drastis, Polisi Usut Dugaan Mafia

Harga Ayam Naik Drastis, Polisi Usut Dugaan Mafia

Palembang, BP–Kenaikan drastis harga ayam dari Rp24.000 di level peternak menjadi Rp42.000 per kg di pedagang yang dinilai tak wajar membuat Polda Sumsel mulai melakukan penyelidikan.

 Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol Zulkarnain mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan atas kejanggalan yang menyebabkan harga ayam potong bisa naik sangat drastis.

“Kami sudah meminta keterangan dari Asosiasi Peternak Ayam. Keterangan mereka bila harga yang dijual senilai Rp24.000 per kg. Berarti, di sini ada permainan, bila dari asosiasi menjual Rp 24.000 per kg,” ujarnya.

Adanya permainan harga ayam potong di pasaran diduga sengaja dilakukan. Ini kemungkinan dilakukan pengepul hingga pedagang. Karena, bila kenaikan dilakukan asosiasi sudah langsung terlihat.

Kenaikan harga ayam potong ini diduga sengaja dilakukan lantaran tingginya permintaan masyarakat saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Sehingga situasi ini yang dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga ayam potong.

“Kalau sudah naik, pasti sulit untuk turun. Makanya kami mengambil langkah untuk melakukan penyelidikan, karena kenaikan harga ini sangat memberatkan masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, ketika disinggung mengenai adanya kecurangan yang dilakukan pedagang buah saat Ramadan untuk mengambil keuntungan dengan berbuat curang.

Zulkarnain mengungkapkan, dengan adanya laporan ini pihaknya akan menerjunkan anggota untuk melakukan penyelidikan. Sehingga, masyarakat tidak dirugikan.

“Kalau ada laporan seperti itu, akan dilakukan penyelidikan. Karena memang, ada pedagang yang curang menjual buah dagangannya untuk mengambil keuntungan. Misalnya semangka disuntik pakai air biar timbangan berat, itu juga akan diselidiki,” pungkasnya. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Hari Ini, Sidang Pembatalan Pencalonan HDMY di Gelar di PTUN Palembang

Palembang, BP Hari ini, Selasa (17/7) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palembang menggelar persidangan gugatan No 39/G/2018/PTUN.PLG di PTUN Palembang ...