Home / Headline / Alex Noerdin Apresiasi Kemajuan Lahat

Alex Noerdin Apresiasi Kemajuan Lahat Hadiri Hari Jadi Ke-149

Lahat, BP–Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-149 Perayaan XX Tahun 2018 yang ditandai dengan Rapat Paripurna Istimewa, di Ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Senin (21/5).

Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Dedi Chaendera. Tampak hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain, Dandrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Iman Budiman, Bupati Lahat Marwan Mansyur, serta FKPD Kabupaten Lahat.

“Alhamdulillah setiap ada undangan untuk menghadiri Hari Jadi Kabupaten Lahat, selalu ada waktu, tapi kadang-kadang kabupaten/kota lain ada saja halangan, tapi khusus Lahat 10 tahun berturut-turut saya bisa hadir di sini,” ujar Alex.

Ia sangat mengapresiasi pembangunan Kabupaten Lahat pada lima tahun terakhir yang menurutnya maju pesat. Mengingat, Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten tertua di Sumatera Selatan.

“Banyak terjadi pasang surut di pemerintahan ini, tapi di 5 tahun terakhir begitu banyak penghargaan yang telah dicapai. Hal ini membuktikan Kabupaten Lahat dalam segala aspek sudah maju pesat,” jelas Alex.

Baca:  Gubernur Alex Noerdin Perang Senjata di Natuna

Kehadiran Alex sebagai Gubernur Sumsel pada Hari Jadi Kabupaten Lahat menjadi yang terakhir, oleh karenanya ia sekaligus memohon pamit kepada masyarakat. Bahkan, jika ia masih punya waktu target berikutnya adalah olimpiade dan masih banyak target lainnya.

“Seandainya saya masih punya waktu target berikutnya adalah Piala Dunia main di Palembang. Biarlah ini diteruskan oleh Gubernur yang akan datang,” tambah Alex.

Dalam kesempatan ini, Alex selaku Gubernur bertanggung jawab untuk melaporkan kepada masyarakat Sumsel mengenai progres kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Melalui Asian Games banyak manfaat yang diperoleh Sumsel, seperti percepatan pembangunan, penambahan infrastruktur yang dibangun melalui dukungan dana dari berbagai pihak baik pemerintah pusat maupun swasta.

Dijelaskan dia, Asian Games itu bukan tujuan, Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan. Dengan adanya Asian Games, Sumsel mendapat empat ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan Light Rail Transit (LRT).

Baca:  Terbang ke Jerman, Gubernur Bahas Moto GP Palembang

“Berkat Asian Games ini kita dapat sepur di pucuk (LRT-red), 23 KM lebih dari Bandara SMB II Palembang sampai ke Jakabaring. Alhamdulillah sudah datang 2 trainset dari total ada 8 trainset dan akhir Juni siap beroperasi,” ungkap Alex.

Sumsel juga tidak hanya membangun hal yang berbau duniawi, sambung Alex, melainkan dunia diperhatikan, akhirat diutamakan. Sumsel menegakkan syiar agama Islam dengan memerangi musuh terbesar, yakni kebodohan dan kemiskinan. Oleh karena itu Sumsel memiliki program sekolah gratis dan berobat gratis.

Tak tanggung-tanggung demi memudahkan Umat Islam, kata Alex, Sumsel juga berhasil membangun Embarkasih Haji Palembang menjadi yang terbaik di Indonesia. Dilengkapi dengan Mock-Up Pesawat ukuran sebenarnya, kemudian ada Kabah ukuran sebenarnya dan Lintasan Sai ukuran sebenarnya.

“Saya harap ke depan Embarkasi Haji di Palembang ini bukan hanya untuk jamaah haji atau umroh asal Sumsel tapi juga akan menjadi salah satu pusat manasik haji Indonesia,” tutur Alex.

Sementara itu, Bupati Lahat Marwan Mansyur mengucapkan terimakasih dan merasa bangga kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang telah hadir 10 kali berturut-turut dalam dua kali masa jabatannya sebagai Gubernur di Sumatera Selatan.

Baca:  Hibur Pengguna Jalan, Alex Noerdin Duet Dengan KMJ

Dikatakan dia, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Lahat ada tiga momen penting yaitu, penuntasan rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2018, pelaksanaan pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati Kabupaten Lahat untuk periode 2018-2023 dan pelaksanaan Asian Games ke-18.

Ia juga menambahkan, Kabupaten Lahat pun dianugerahi dengan potensi sumber daya alam yang melimpah. Kandungan sumber daya energi Lahat berupa panas bumi, minyak bumi, batu bara, gas bumi dan kandungan hidro energi serta potensi air sungai yang tersebar di perut bumi Kabupaten Lahat.

“Hal ini menjadikan Kabupaten Lahat sebagai penghasil energi listrik sebesar 500 MegaWatt, sehingga menjadikan Lahat surplus energi listrik sebesar 450 MegaWatt. Keunggulan lainnya berupa potensi wisata dan aset budaya dan saat ini sudah terdapat 88 destinasi wisata,” tutupnya. #adv

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jumputan Gambo Muba Mulai Mendunia

Perth, Australia, BP–Kain khas karya anak putra Banyuasin yakni Jumputan Gambo Muba terus gencar diperkenalkan ke dunia dan kini telah ...