Home / Headline / Siska Marleni : Ujian Kesungguhan Bagi Para Bakal Calon Wakil Daerah

Siska Marleni : Ujian Kesungguhan Bagi Para Bakal Calon Wakil Daerah

BP/IST
Bakal Calon Anggota DPD RI Periode 2019-2024, Siska Marleni saat menyerahkan berkas dukungan di KPU Sumsel, Sabtu (20/5).

Palembang, BP

Proses pendaftaran senator kali ini menjadi tantangan besar bagi mereka yang akan maju mencalonkan diri pada Pemilihan Anggota DPD RI Periode 2019-2024.
Regulasi baru dalam pemilihan anggota DPD dianggap belum sepenuhnya dapat berjalan sempurna dengan masih adanya kekurangan dalam sistem pendataan, khususnya dalam proses verifikasi dukungan suara.
Bakal Calon Anggota DPD RI Periode 2019-2024, Siska Marleni, mengaku, harus berjibaku untuk melakukan perbaikan berkas dukungan suara. Dari 3700 dukungan suara yang diverifikasi pada tahap awal, diketahui ada 99 suara yang dikategorikan ganda eksternal.
Tidak hanya itu, pada verifikasi DPT juga ditemui 874 suara yang tidak terdaftar di DPT. Siska mengatakan, temuan KPU atas hasil verifikasi dukungan suara juga tidak sepenuhnya murni kesalahan dari para bakal calon. Dari 874 suara yang dinyatakan tidak terdaftar di DPT, saat dicocokkan hanya beberapa nama saja yang namanya tidak terdaftar.
“Sistemnya masih belum berjalan efektif. Masih ada missed(kelemahan-red) antara data DPT KPU RI dengan Sistem Informasi Peserta Pemilih Perseorangan (SIPPP) KPU RI,” ujar Siska kepada wartawan usai menyerahkan perbaikan berkas dukungan di KPU Sumsel, Sabtu (19/5).
Menurut Siska, semua temuan telah diperbaiki untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPU. Dengan waktu perbaikan yang terbatas, Siska akhirnya dapat menyelesaikan perbaikan dukungan satu hari sebelum tenggat yang ditentukan KPU 20 Mei 2018.
“Kami bakal calon menganggap ini sebagai ujian kesungguhan. , kalau kita bereaksi atau bersikap destruktif , dengan emosi itu tidak kondusif dan menghabisan energy. Lebih baik energy yang ada dipergunaan untuk mengisi waktu perbaikan yang ada , ujung-ujungnya cuma dua MS atau TMS.,” katanya.
Siska mengaku telah menyertakan 1517 suara tambahan dari 257 suara yang dibutuhkan untuk menggenapkan 3000 dukungan suara guna memenuhi ketentuan pendaftaran. Dari suara tambahan yang disertakan sebanyak 1259 telah terdaftar di DPT.

BP/IST
Bakal Calon Anggota DPD RI Periode 2019-2024, Siska Marleni saat menyerahkan berkas dukungan di KPU Sumsel, Sabtu (20/5).

“Semua proses telah kami jalani dan hanya tinggal menunggu hasilnya. Mohon doa yang terbaik dari masyarakat Sumatera Selatan,” katanya.
Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, baru 8 dari total 24 orang yang melakukan perbaikan dukungan.
“Kemungkinan ini akan berakhir besok, kita tunggu sampai pukul 24.00, jika ini ditutup besok kita akan mengumumkan kembali apakah mereka memenuhi syarat atau tidak itu di kisaran tanggal 25 mei sampai 29 Mei dari belum memenuhi syarat (BMS) menjadi memenuhi syarat (MS), pada tanggal itulah kita tahu dari 34 orang ini memenuhi syarat ada berapa, yang pasti sudah ada 10 , proses perbaikan cuma sekali inilah , kalau gagal langsung gagal,” katanya.
Mengenai BMS berdasarkan aturan baru KPU , dia berilustrasi ibarat calon itu meyerahkan dukungan 6000 KTP, KTP itu ternyata ada 100 ganda internal dari 6000 sehingga 100 ini di kalikan 50 dendanya itu jadi 5000 , maka modalnya jadi 1000, sehingga dia kurang 2000 dukungan KTP.
“ Untuk faktual akan lihat ke lapangan , ganda ini ada dua, ganda internal artinya didalam 6000 itu ada kegandaan, itu bahayanya, kalau ganda eksterna ibaratnya 1 orang bisa mendukung lebih dari 1 itu harus di buang juga, kalau kejadian saat ini ada kondisi ganda yang internal itu,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ESP : Sarimuda-Rozak Berkompeten Bangkitkan Palembang

Palembang, BP Palembang-Kota Palembang di zaman Walikota Eddy Santana Putra (ESP) dua periode 2003-2013 merupakan masa emas. Dimana kala itu ...