Home / Headline / Surat Suara Pilgub Mulai Dicetak

Surat Suara Pilgub Mulai Dicetak

BP/IST
Contoh Surat Suara Pilgub Sumsel yang telah di cetak

Palembang, BP

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) Aspahani mengatakan, surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 27 Juni mendatang, sudah mulai dilakukan percetakan oleh perusahaan yang memenangkan tender untuk mencetak surat suara tersebut.
“Sekarang untuk logistik, kami fokus pada surat suara, dimana sejak 15 Mei sudah mulai cetak, sampai 28 Mei mendatang,” kata Aspahani, Jumat (18/5).
Menurutnya, perusahaan pemenang lelang sendiri sudah ditetapkan berdasarkan hasil lelang yang dilakukan KPU RI.
“Saya lupa perusahaan pemenangnya, dan lelang sudah dilakukan KPU RI. Percetakannya di Surabaya dan punya pabrik di Bekasi (Jabar), jadi kemungkinan di sana,” katanya.
Jumlah suara yang dicetak akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), ditambah 2,5 persen DPT per TPS terlebih dahulu. Dimana DPT di Pilgub Sumsel sendiri sebanyak 5.649.682 pemilih. Sesuai ketentuan, jumlah surat suara dicetak sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persen DPT per TPS.
“Kan kami sudah punya dasar DPT. Kalau ada kurang, menyesuaikan,” katanya.
Ditambahkan Aspahani, untuk distribusi surat suara di tingkat Kabupaten/ kota diprediksi tanggal 2-7 Juni, untuk dilipat maupun disotir, sebelum didistribusikan ke PPK.
“Kita juga lagi memenuhi kebutuhan fomulir, amplop, tinta dan sebagainya yang ada di TPS dan ini sedang di proses,” katanya.

Baca:  Luar Biasa, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tahun 2017 Capai 5,3 Persen

Selain itu, dalam proses pencetakan surat suara di pabriknya, KPU Sumsel akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu Sumsel, untuk melakukan pengawasan.
“Kami selalu melakukan pengawasan, jadi akan terpantau jika ada surat lebih atau rusak, nanti akan kita musnakan segera,” katanya.
Aspahani juga tidak mengetahui persis, jika KPU Kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2018, kenapa belum melakukan percetakan surat suara untuk Pilkada 27 Juni nanti.
“Saya rasa, jika KPU Kabupaten/kota sudah menyerahkan surat contoh cetak, persetujuan dan kontrak pemenang tender, saya rasa sudah bisa dimulai dicetak, agar tidak terburu- buru lagi,” katanya.
Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi SE Msi membenarkan kalau KPU Sumsel sudah melakukan percetakan surat suara.
“ Pak Iin Irwanto (anggota Bawaslu Sumsel) sudah disana ikut menandatangani berkas percetakan surat suara tersebut bersama KPU Sumsel,” katanya.
Sementara komisioner KPU Palembang Divisi Keuangan Umum dan Logistik, Rudianto Panggaribuan menerangkan, jika KPU Palembang, masih menunggu DPT hasil perbaikan agar bisa menentukan surat suara di Pilwako Palembang 2018.
“Kita masih menunggu DPTHp, kalau sudah selesai akan segera dicetak, karena pemenang tendernya sudah ada,” kata Rudianto, seraya DPT Palembang sebanyai 1.107.177 pemilih, namun saat ini sedang dilakukan perbaikan.
Rudianto memperkirakan pada akhir bulan Mei mendatang, lembar surat suara itu sudah bisa dicetak, dan paling 2-3 hari sudah selesai semua.

Baca:  KOPZIPS Sisir Makam-Makam Ulama Aulia Di Palembang

“Sebentar nyetaknya, sekarang sudah canggih alatnya. Kalai sudah dicetak nanti akan dikirim ke KPU Palembang,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Deklarasi damai Pemilu Legislatif di kambang iwak

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar deklarasi damai untuk pemilu legislatif 2019. Ketua KPU Sumsel ...