Home / Headline / Terungkap Pencucian Uang Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

Terungkap Pencucian Uang Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

BP/HAFIDZ Barang bukti kendaraan hasil tindak pidana pencucian uang kasus narkoba diamankan di Mapolda Sumsel. BP/HAFIDZ

Palembang, BP–Bersama delapan tersangka pengedar narkoba lintas Provinsi, Palembang-Surabaya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel juga mengungkap Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Dalam perkara ini kepolisian juga menyita tujuh unit mobil pribadi berbagai merek, satu unit fuso, tujuh unit sepeda motor, puluhan ponsel, buku tabungan dan puluhan keping KTP elektronik.

Baca:  Terlibat Narkoba Anggota Kodam Dipecat

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan terungkap nya TPPU ini berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan terhadap hasil temuan 3,05 kilogram shabu dan 4.900 butir pil ekstasi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang beberapa waktu lalu.

“Waktu itu berhasil ditangkap empat orang, tiga diantaranya ditembak mati,
dari hasil pengembangan Ditresnarkoba menangkap delapan orang yang semuanya warga Surabaya,” katanya, Kamis (17/5).

Baca:  Ilyas Jadi Plt Bupati OI

Ternyata setelah ditelusuri, dari hasil bisnis narkoba dari jaringan ini ditemukan uang mencapai Rp5 miliar di tabungan dari salah satu tersangka.

“Dengan adanya temuan ini para tersangka juga akan dikenakan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan menggandeng PPATK untuk memperkuat tuduhan,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan ditemukannya aliran uang dengan jumlah miliaran rupiah
dari rekening para pelaku membuktikan bahwa kejahatan narkotika termasuk kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang menguntungkan secara finansial.

Baca:  Gubernur Minta Kejelasan Status Bupati OI Ke BNN

“Selain itu para tersangka juga bagian dari sindikat pemalsuan identitas KTP elektronik dengan memalsukan identitas asli ke dalam KTP,” pungkasnya. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Sumsel Klaim Tak Ada Lagi Angkutan Batubara Jalur Muaraenim-Palembang

Palembang, BP Terkait dengan angkutan batubara yang masih beroperasi di jalan Kabupaten Muara Enim menuju Kota Prabumulih dan Kota Prabumulih ...