Home / Bisnis / Ramadhan Pertamina Perkuat Pasokan Energi Hingga H+ Lebaran

Ramadhan Pertamina Perkuat Pasokan Energi Hingga H+ Lebaran

Palembang, BP

PT Pertamina (Persero) juga tidak berhenti untuk terus berkomitmen menjaga layanan dan distribusi energi selama Bulan Suci Ramadhan dan ldul fitri bagi masyarakat Indonesia.

General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto mengatakan bahwa dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan ldul Fitri, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) ll Sumatera Bagian Selatan sudah melakukan pemetaan dan prediksi kebutuhan energi masvarakat.

Berdasarkan pengalaman dari tahun tahun sebelumnya dan analisa tren konsumsi, menurutnya setiap tahun pasti selalu ada peningkaian konsumsi BBM, LPG, dan Avtur terutama saat arus mudik dan balik dan saat Hari Raya ldul Fitri.

“Prediksi peningkatan sudah ada, kami juga sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran, kami juga akan menviapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H 15 hingga H+15 lebaran demi kenyamanan masyarakat,” ujar Erwin.

Untuk konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, dan Premium diprediksi terjadi peningkatan hingga 19% dari konsumsi normal. Diperkirakan, peningkatan konsumsi Pertamax Turbo akan mencapai 38%, Pertamax 35%, Pertalite 19%, dan Premium mencapai 15%. Prediksi kenaikan tertinggi konsumsi BBM jenis gasoline akan terjadi pada 9 Juni 2018 atau H-5 dengan angka kenaikan sebanyak 77% dari konsumsi normal.

Sedangkan untuk BBM Jenis gasoil yakni BBM diesel seperti Penamina Dex, Dexlite, dan Solar/Bio Solardiprediksi mengalami penurunan hingga 11% dari konsumsi normal, hal ini diakibatkan oleh tidak beroperasinya kendaraan berat saat arus mudik dan balik sehingga konsumsi Solar/Bio Solar turun 13% Namun demikian, tetap ada peningkatan untuk BBM jenis Pertamina Dex hingga 42% dan Dexlite sebanyak 12% Untuk BBM Jenis Gasoil, peningkatan konsumsi akan terjadi pada 31 Mei 2018 atau H15 dengan angka kenaikan sebanyak 30% dari konsumsi normal.

“Peningkatan konsumsi BBM non-subsidi ini merupakan wujud berubahnva pola konsumsi masyarakat Sumbagsel. Masyarakat telah cerdas dan beralih memilih BBM berkualitas untuk memaksimalkan performa sekaligus efisiensi kinerja mesin kendaraan,” ungkap Erwin.

Erwin menambahkan, sebagai persiapan untuk menjaga kelancaran distribusi energi dan layanan selama Ramadhan dan ldul Fitri, seluruh Terminal BBM di wilavah Sumbagsel akan stand by selama 24 jam. Selain itu, di setiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tanki (MT) untuk melayani meningkatkan penyaluran LPG berbagai varian untuk Bulan Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat,” imbuh Erwin.

Untuk kebutuhan Avtur selama masa mudik, Pertamina MOR I| Sumbagsel juga telah menyiapkan proyeksi peningkaran penyaluran di setiap provinsi di Sumbagsel. Untuk Provinsi Sumatera Selatan yakni di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin ll di Palembang, prediksi konsumsiAvtur mencapai 175 KL selama periode H-7 hingga H+7 Lebaran. Kebutuhan Avtur ini meningkat 25 KL atau 16% lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Bulan Juni.

Erwin berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan cleh Pertamina dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan serte memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadhan dan ldul Fitri. “Kami bangga bisa melakukan ini, semoga dengan terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah Puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang. Tidak lupa kami ucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin serta Selamat Menjalankan lbadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan,” tutupnya. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ramadhan Disambut Nasi Liwet yang Menggugah Selera

Palembang, BP Menyambut Ramadhan tahun ini, sejumlah gerai kuliner gencar menawarkan menu berbuka, salah satunya di gerai Pempek Musi Duo di ...