Home / Headline / Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Segera Di Bangun

Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Segera Di Bangun

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota Komisi IV DPRD Sumsel Hasbi Asidiki

Palembang, BP

Rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), segera dimulai.
Hal tersebut dikemukakan anggota Komisi IV DPRD Sumsel Hasbi Asidiki , menurutnya, kalau jalan tol tersebut dari pemerintah pusat di pimpin Presiden Jokowi dan didukung oleh Pemprov Sumsel untuk menyikapi jalur jalan darat yang selama ini jadi keluhan masyarakat.
“Kita dari Dapil Lubuk Linggau, Mura dan Muratara bersyukur, jalan tol tersebut melewati Mura, Lubuk Linggau dan terus ke Bengkulu dan kita harapkan tahun ini ada akses pembebasan lahan , 2010 bisa berjalan proses secara fisik, kita sampaikan kepada masyarakat dan masyarakat mendukung penuh adanya jalan tol tersebut, yang tersambung dalam jalur jalan tol Lampung, Tol Palembang dan Tol Palembang dan hingga Aceh,” katanya, Kamis (17/5).
Menurutnya, pembuatan jalan tol ini sudah dikaji tim tehnis PU pusat, bahwa terhadap jalan tol melewati TNKS ini sudah di kaji, selama untuk kemaslahatan masyarakat bisa dilakukan dan tidak menganggu kawasan hutan di Curup, Bengkulu.
“ Kita sama-sama berdoa dan berharap proyek strategis pemerintah ini cepat terlaksana, karena ini akan membuka akses Bengkulu ke Palembang, ini lebih cepat, yang selama ini menjadi kendala, kita harapkan pemerintah kabupaten kota yang di lewati jalan tol ini mensosialisasikan kepada masyarakat mereka mengenai keberadaan jalan tol ini, “ katanya.
Dan saat pembangunan jalan tol Lubuk Linggau, Bengkulu masuk tahap perencanaan dari pemerintah pusat,” Mungkin APBN 2019 ini ada tahap untuk dana pembebasan lahan dan kita harap secepatnya jalan tol ini bisa di bangun, “ katanya.
Sedangkan sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, akan dimulai 2019 mendatang.
“SK penetapan trase atau jalur pembangunan jalan tol dan rel kreta api sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan pada hari Jumat tanggal 16 Maret kemarin,” kata Rohidin.
Terbit SK trase pembangunan jalan tol dan rel kereta api tersebut, tambah dia, maka langkah selanjut ialah melakukan kajian Amdal dan kelayakannya, dan di targetkan bisa rampung dalam dua bulan ke depan.

Baca:  Sumsel Siaga Musim Hujan

Jika sudah dilakukan kajian Amdal maka seterusnya akan dilakukan pembebasan lahan yang akan dilalui pembangunan tol dan rel kereta api ini, untuk itu diperlukan dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah dalam proses pembebasan lahan ini, karena sering menghadapi kendala.
“Untuk memudahkan proses pembebasan lahan ini, Pemprov Bengkulu sudah berkomitmen dengan tiga pemerintah daerah dan kota di Bengkulu yang akan dilewati jalur pembangunan tol dan rel kereta api ini, mereka akan bertanggungjawab melakukan pembebasan lahannya,” ujar Rohidin.

Baca:  Jalan Menuju Kebun Raya Ditutup

Sedangkan pembiayaan pembebasan lahan itu sendiri tambah dia, akan disiapkan pemerintah pusat. Tugas pemerintah daerah yang wilayahnya akan terkena jalur tol dan rel kereta api ini ialah melakukan pendataan kepemilikan lahan yang akan dibebaskan nantinya.
“Pendataan lahan milik siapa saja dan bukti kepemilikannya, karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi pengakuan atas kepemilikan tanah yang akan dibebaskan sehingga harus dilengkapi dengan surat menyurat kepemilihan lahannya,” tambah Plt Gubernur.

Baca:  Gerhana Matahari Tidak Ganggu Penerbangan

Berdasarkan perkiraan dirinya kemungkinan terjadinya gesekan dengan masyarakat saat proses pembebesan lahan pembangunan jalan tol dan rel kereta api ini akan sangat kecil, mengingat jalurnya tidak akan melewati pemukiman penduduk tetapi lahan perkebunan saja.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kemajuan Sumsel Mengulang Kejayaan Sriwijaya

Palembang, BP Menteri Dalam Negeri Tjahjo memastikan , kemajuan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengulang kejayaan masa kerajaan Sriwijaya dalam 72 ...