Home / Pendidikan / LDK Al Qorib UBD Gelar Pelatihan ‘Public Speaking’

LDK Al Qorib UBD Gelar Pelatihan ‘Public Speaking’

(Ketua Umum LDK Al Qorib UBD M Unggul Wulung saat menyerahkan piagam kepada pemateri Trainer Public Speaking Palembang Sugiarto, SPd)

Palembang, BP
Keterampilan berbicara di depan umum pada prinsipnya dibutuhkan bagi siapapun, terutama bagi mereka mahasiswa sebagai generasi muda. Pasalnya, siap atau tidak mereka akan terjun ke masyarakat, dunia kerja, dunia organisasi dan lain sebagainya yang menuntut memiliki kecakapan berbicara.
Demikian disampaikan oleh Trainer Public Speaking Palembang Sugiarto SPd saat menyampaikan materi Pelatihan Public Speaking yang digagas oleh Pengurus Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Qorib Universitas Bina Darma Palembang, Minggu (13/5).
“Siapapun bisa berbicara di depan umum. Bedanya adalah bagaimana mengemasnya dengan baik. Karena public speaking bukan hanya soal apa yang disampaikan tapi seni menyampaikan,”ujar Trainer Public Speaking Palembang Sugiarto dalam penyampaian materinya.
Lanjut pria yang juga sebagai Dewan Amanah Indonesia Training Center Nusantara (Internusa) Sumsel tersebut menambahkan bahwa ilmu public speaking bukan semata-mata soal kesiapan materi yang bakal disampaikan oleh audiens. Tapi banyak perangkat yang bisa mendukung agar materi tersampaikan dengan penuh kesan tanpa kejenuhan.

(Foto Bersama)

Pasalnya, daya menyimak seseorang secara efektif menurutnya, mayoritas di 5-10 menit pertama. Sehingga dimomen itu audiens bisa menilai menarik atau tidak yang disampaikan.
“Itu baru soal bagaimana mengawali, belum soal teknis lain. Mulai dari mengatasi grogi, mengkondisikan audiens hingga soal sederhana bagaimana memegang micropon (pelantang-red) dengan benar,”jelasnya.
Sehingga banyak hal yang memang mendukung bagi seorang public speaker, dan bagi siapapun yang berkecimpung di profesi yang menuntut harus memiliki kecakapan berbicara.
“Selanjutnya adalah soal jam terbang, karena belajar saja tidak cukup. Harus terus mencoba diberbagai situasi. Jadi kami sebut sebagai BBM, yaitu belajar, berusaha dan mencoba,”jelasnya.
Sementara itu dikatakan Ketua LDK Al Qorib Universitas Bina Darma Palembang Muhammad Unggul Wulung mengatakan pelatihan ini diperuntukkan untuk para mahasiswa baik Universitas Bina Darma Palembang.
“Jadi peserta dari berbagai jurusan dan program studi. Kami berharap inu menjadi bekal bagi para mahasiswa baik dalam hal mendukung pembelajaran di kampus, atau pun saat terjun di masyarakat atau sebuah profesinya nanti,”terang Unggul.
Menurutnya, program pelatihan ini merupakan ide yang digagas oleh Divisi Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) baik diinternal organisasi maupun mahasiswa pada umumnya. #sug
Baca:  Internusa Kolaborasikan Ilmu 'Public Speaking' Dengan EFT
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tangkal Radikalisme dan Terorisme, FKPT Sumsel Gelar Literasi

Palembang, BP Berangkat dari upaya bentuk pencegahan tumbuhnya gerakan radikalisme dan terorisme di masyarakat Sumatera Selatan, Forum Koordinator Pencegahan Terorisme ...